DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK (TONGKAT BERBICARA) BERBANTU ALAT MEDIA PEMBELAJARAN QUESTIONS BOX (KOTAK PERTANYAAN) PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP DI MTs AL-MA
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
FEBRIANA, ANNISA
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-06-29 09:25:35 
Abstract :
ABSTRAK Annisa, Febriana. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick (tongkat berbicara) Berbantu Alat Media Pembelajaran Questions Box (kotak pertanyaan) Pokok Bahasan Lingkaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Semester Genap Mts Al-Ma?ruf Kartayuda Kedungtuban Blora Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (I) Ari Indriani, M.Pd. (II) Novi Mayasari, M.Pd. Kata Kunci : Talking Stick dengan Questions Box, Hasil Belajar Kebanyakan siswa jenuh dengan pembelajaran yang monoton dan berjalan satu arah yang mana siswa cenderung mendengarkan penjelasan guru dan guru mendominasi pembelajaran, serta siswa cenderung pasif, hal itulah yang memicu kejenuhan siswa. Menurut Elvisa Riska Novianti, S.Pd. selaku guru mata pelajaran matematika, menerangkan bahwa prestasi belajar siswa di MTs Al-Ma?ruf Kartayuda Kedungtuban Blora rendah, banyak diantaranya yang memperoleh hasil dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Hal ini terbukti pada ulangan 65% siswa masih mendapat nilai dibawah KKM, dengan nilai rata-rata 63,92. Penggunaan model pembelajaran yang dikombinasikan dengan media pembelajaran, sebagai gagasan atau ide peneliti merupakan salah satu sarana pendukung dalam proses pembelajaran yang akan diterapkan. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada pengaruh model pembelajaran Talking Stick dengan media pembelajaran Questions Box terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran kelas VIII semester genap MTs Al-Ma?ruf Kartayuda Kedungtuban Blora tahun pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah siswa MTs Al-Ma?ruf Kartayuda Kedungtuban Blora tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 2 kelas yaitu 30 siswa sebagai kelas ekperimen dan kelas VIII-C dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah berupa dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi yang digunakan adalah berupa data nilai UTS semester genap siswa kelas VIII MTs Al-Ma?ruf Kartayuda Kedungtuban Blora tahun pelajaran 2018/2019. Metode tes yang digunakan berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Cara untuk mengetahui bahwa instrumen yang digunakan memenuhi syarat adalah dengan menggunakan lembar validitas isi dengan validator, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan uji reliabilitas instrumen. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Talking stick (tongkat berbicara) dengan media pembelajaran Questions Box (kotak pertanyaan) sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan metode Lilifors dan uji homogenitas menggunakan uji F. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan rumus polled varians. vii Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MTs Al-Ma?ruf Kartayuda Kedungtuban Blora didapatkan Harga thitung pada penghitungan dengan menggunakan rumus separated varians yaitu thitung = 13,131. Besar derajat kebebasan dk = 60 dan taraf signifikan ? = 5%, didapatkan harga ttabel dengan melihat tabel statistik adalah sebesar 2,301. Didapatkan hasil bahwa harga thitung > ttabel, dengan demikian 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro