Abstract :
Abstrak
Khotimah, N. 2019. Peran Pramuka Sebagai Sarana Membentuk Karakter Disiplin
Dalam Tata Tertib Siswa MTs Al Muhammad Cepu. Skripsi, Program
Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu
Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Drs Heru
Ismaya, M.H., (II) Neneng Rika J.K, S.Pd., M.H.
Kata kunci: pemahaman konsep, PERAN pramuka, Karakter disiplin
Suatu domain belajar, pemahaman merupakan prasyaratan mutlak untuk
meningkatkan kemampuan kognitif. Peran Pramuka Sebagai Sarana Membentuk
Karakter Disiplin Dalam Tata Tertib Siswa MTs Al Muhammad Cepu merupakan
salah satu lembaga penelitian yang bertanggung jawab memberikan berbagai
pengetahuan dan keterampilan, serta mengembangkan berbagai nilai dan sikap,
baik melalui pendidikan formal maupun non formal.
Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki Undang-Undang yang
mengatur segala yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Salah satunya adalah
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional Pasal (3) Undang-Undang tersebut menyebutkan bahwa :
? Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk
watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan
kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar
menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara
demokratis serta bertanggung jawab ?. ( Undang-Undang No. 20 : 2003)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Peran pramuka
sebagai sarana membentuk karakter disiplin dalam tata tertib siswa MTs Al
Muhammad Cepu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa kelas VII. Dari dua
puluh lima subjek tersebut di observasi, kemudian dipilih masing ? masing dari
perwakilan regu putra dan putri yaitu 2 siswa dan 2 siswi untuk diwawancarai.
Sehingga terdapat 4 siswa yang menjadi sample wawancara. Untuk memastikan
kevalidan data, peneliti menganalisis data dengan tiga cara yaitu observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan pramuka dapat
membentuk karakter disiplin dalam tata tertib siswa di MTs Al Muhammad Cepu
dengan melihat kurang dan lebihnya hasil penelitian.