DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA ( PMRI ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VII MTs AL MA’RUF KARTAYUDA KEDUNGTUBAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
SALAMAH, SITI HUDIYATUS
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-02-26 03:20:20 
Abstract :
ABSTRAK Salamah, Siti Hudiyatus. 2019. Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Kubus Dan Balok Pada Siswa Kelas VII MTs Al Ma?ruf Kartayuda Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (1) Drs. Sujiran, M.Pd. (II) Dian Ratna P,M.Pd. Kata Kunci : Pendekatan Pendidikan Matematika realistik Indonesia (PMRI) Salah satu masalah penting dalam pembelajaran matematika adalah memperhatikan penggunaan model pembelajaran yang bisa dibayangkan atau (imaginable) dengan mengkaitkannya dalam kehidupan nyata sehari-hari yang bersifat realistik. Contoh model pembelajaran yang berbasis (imaginable) adalah model pembelajaran Pendekatan Pendidikan Matematika realistik Indonesia (PMRI) Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada pengaruh model Pendekatan PMRI terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang Kubus dan Balok kelas VII MTs Al-Ma?ruf Kartayuda Kedungtuban tahun pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah siswa MTs Al-Ma?ruf Kartayuda Kedungtuban Blora tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas VII-A, VII-B, VII-C. Teknik sampling yang digunakan untuk menentukan kelas sampel adalah random sampling. Kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VII-A dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas ekperimen dan kelas VII-B dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah berupa dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi yang digunakan adalah berupa data nilai UTS semester genap siswa kelas VII MTs Al-Ma?ruf Kartayuda Kedungtuban tahun pelajaran 2018/2019. Metode tes yang digunakan berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Cara untuk mengetahui bahwa instrumen yang digunakan memenuhi syarat adalah dengan menggunakan lembar validitas isi, validitas butir soal dengan validator, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan uji reliabilitas instrumen. Variabel dalam penelitian ini adalah model Pendekatan PMRI pokok bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok sebagai variabel bebas dan prestasi belajar matematika sebagai variabel terikat. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan metode Lilifors dan uji homogenitas menggunakan uji F. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan rumus polled varians. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MTs Al-Ma?ruf Kartayuda Kedungtuban Blora didapatkan Harga thitung pada penghitungan dengan menggunakan rumus separated varians yaitu thitung = 13,131. Besar derajat kebebasan dk = 60 dan taraf signifikan ? = 5%, didapatkan harga ttabel dengan melihat tabel statistik adalah sebesar 2,301. Didapatkan hasil bahwa harga thitung > 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro