DETAIL DOCUMENT
EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA KELAS VII MTs AL-MA’RUF KARTAYUDA KEDUNGTUBAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
IKIP PGRI Bojonegoro
Author
FATMAWATI, FATMAWATI
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-02-27 02:49:27 
Abstract :
ABSTRAK Fatmawati. 2019. Eksperimentasi Moel Pembelajaran Kooperatif Tipe Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Segitiga Kelas VII MTs Al- Ma?ruf Kartayuda Kedungtuban Tahun Pelajaran 2018/2019.Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (1) Ahmad Kholiqul A., M.Pd. (2) Anis Umi K., M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Auditory Intellectually Repetition (AIR) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapatperbedaanhasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Auditory Intellectually Repetition (AIR)dengan model pembelajaran langsung pada materi segitiga kelas VII MTs Al-Ma?ruf Kartayuda Kedungtuban Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (QuasiExperimental). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Ma?ruf Kartayuda KedungtubanTahun Pelajaran 2018/2019.Sampel yang diambil yaitu kelas siswa VII A sebagai kelas eksperimenyang diberi perlakuan berupa pembelajaran kooperatif tipe Auditory IntellectuallyRepetition (AIR) dan siswa kelas VII B sebagai kelas Kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran langsung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes hasil belajar matematika. Teknik analisis data atau pengujian hipotesis menggunakan teknik statistik dengan uji t dan dilakukan analisis uji prasyarat diantaranya adalah uji normalitas, uji homogenitas, serta uji keseimbangan. Berdasarkan hasil analisis untukuji normalitas pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh berdistribusi normal. Uji homogenitas dari kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan bahwa variansinya sama (homogen). Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji tdiperoleh thitung = 2,52624 >ttabel= 1,998971dengan tingkan signifikansi 5%, sehingga thitung?DKdan keputusan ujinyaH0 ditolak dan H1 Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran kooperatif tipe Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar pada pokok bahasan segitiga kelas VII MTs Kartayuda Kedungtuban tahun pelajaran 2018/2019. 
Institution Info

IKIP PGRI Bojonegoro