Abstract :
ABSTRAK
Khasanah, Hanifatul. 2019. Analisis Novel Jemput Terbawa Karya Pinto
Anugrah dengan Pendekatan Sosiologi Sastra dan Hubungannya dengan
Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi, Jurusan Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP
PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I). M. Sholehuddin, M.Pd. Pembimbing
(II). Joko Setiyono, M.Pd.
Kata kunci : novel Jemput Terbawa, sosiologi sastra, dan RPP
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel
Jemput Terbawa karya Pinto Anugrah, (2) aspek-aspek sosiologi sastra novel
Jemput Terbawa karya Pinto Anugrah, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran
novel Jemput Terbawa karya Pinto Anugrah di SMA.
Sumber data penelitian ini adalah novel Jemput Terbawa karya Pinto
Anugrah. Objek penelitian ini adalah aspek-aspek sosiologi sastra novel Jemput
Terbawa karya Pinto Anugrah. Fokus penelitian ini, yaitu: unsur intrinsik (tema,
tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, amanat, dan gaya bahasa),
aspek-aspek sosiologi sastra (aspek kekerabatan, aspek kekeluargaan, aspek
moral, aspek cinta kasih, dan aspek kebudayaan), dan rencana pelaksanaan
pembelajarannya di kelas XIISMA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik
studi pustaka, baca, dan catat. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah
penulis yang dibantu dengan kartu pencatat data. Analisis data dalam penelitian
ini dilakukan secara content analysis(analisis isi). Hasil analisis data disajikan
dengan menggunakan teknik informal
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik
novel Jemput Terbawa, meliputi tema: kisah hidup seorang gadis yang terlahir
tanpa kedua orang tua; tokoh dan penokohan: tokoh utama: Laya (Kuat, tidak
pernah mengeluh, lugu dan sabar); tokoh tambahan: Nursellah (Kuat), Pejatu
(mudah emosi), Mak Ujang (baik), Etek Nian (baik hati dan mudah menyerah),
bano (baik hati dan dermawan), alur: campuran; latar tempat: Lembah Pagadih;
latar waktu; pagi hari, siang hari, sore hari, malam hari,; latar situasi: gelisah,
Panik, emosi; sudut pandang: menggunakan sudut pandang orang ketiga; amanat:
selalu bersyukur, saling menghormati. (2) aspek-aspek sosiologi sastra novel
Jemput Terbawa karya Pinto Anugrah meliputi: aspek kekerabatan; aspek
kekeluargaan aspek kebudayaan; aspek cinta kasih; aspek kebudayaan. (3)
rencana pelaksanaan pembelajaran analisis sosiologi sastra novel Jemput Terbawa
karya Pinto Anugrah menggunakan model pembelajaran Group Investigation,
langkah-langkahnya: guru membagi kelompok, guru memberikan subjek
penelitian, siswa membuat laporan, siswa mempresentasikan, dan guru memberi
kesimpulan. Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran ini yaitu menggunakan
tes lisan dan tes esai.