Abstract :
Abstrak
Sulasih. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Ulasan Puisi dengan
Metode Think Talk Write pada Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Jepon
Blora Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP
PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I).Muhamad Sholehhudin, S.Pd., M.Pd.,
(II) Joko Setiyono, M.Pd.
Kata kunci: keterampilan menulis, metode think talk write, teks ulasan puisi
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peningkatan kualitas
proses pembelajaran menulis, (2) peningkatan kualitas hasil keterampilan menulis
teks ulasan puisi dengan metode think talk write pada siswa kelas VIII G SMP
Negeri 1 Jepon Blora.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian
dilakukan di SMP Negeri 1 Jepon Blora. Sumber data pada penelitian adalah hasil
evaluasi belajar, observasi, dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data
menggunakan teknis tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan teknik
deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Teknik kualitatif dilakukan dengan
cara mendeskripsikan data hasil tes antar siklus, analisis kuantitatif digunakan
untuk menghitung angka-angka atau nilai yang diperoleh dari pengumpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan dengan menerapkan metode think talk write dapat
meningkatkan keaktifan belajar siswa dan hasil dari observasi keterampilan
menulis teks ulasan puisi menunjukkan peningkatan nilai di setiap siklusnya.
Peningkatan proses yaitu perhatian terhadap pembelajaran, gairah belajar
siswa, keaktifan siswa terhadap pembelajaran, dan ketepatan waktu siswa dalam
mengumpulkan tugas yang paling dominan mengalami peningkatan adalah
perhatian terhadap pembelajaran dan gairah belajar siswa.
Peningkatan hasil merupakan peningkatan keterampilan menulis teks
ulasan puisi siswa yang diukur berdasarkan nilai hasil menulis teks
ulasan puisi. Peningkatan nilai siswa dapat dilihat dari rata-rata nilai tiap
tindakan. Rata-rata nilai siswa pada pratindakan yaitu 44,37, lalu meningkat
sebesar 68,63 pada siklus I. Selanjutnya, dari siklus I ke siklus II nilai
meningkat sebesar 68,63 sehingga rata-rata siklus II menjadi 76,28. Dengan
demikian, terjadi peningkatan nilai siswa dengan menggunakan strategi Think
Talk Write.