DETAIL DOCUMENT
Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan Dalam Menjalani Praktik Klinik Keperawatan di Institut Medika Drg. Suherman (IMDS) Tahun 2019
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS MEDIKA SUHERMAN
Author
Neng Tita Nurawaliah
Subject
 
Datestamp
2020-08-19 06:48:01 
Abstract :
Latar Belakang : Praktik klinik merupakan salah satu bagian dari program akademik di fakultas keperawatan yang berguna untuk mengembangkan keterampilan, sikap, nilai-nilai dan kemampuan sesuai dengan standar kompetensi nasional untuk perawat . Dalam menjalani praktik klinik, tentu perlu adanya motivasi dalam diri mahasiswa. Motivasi sangat erat hubungannya dengan proses pembelajaran karena motivasi merupakan kondisi-kondisi yang mengaktifkan atau memberi dorongan dengan mencapai tujuan belajar. Berdasarkan hasil survei awal yang dilakukan peneliti melalui hasil wawancara kepada 10 mahasiswa/i semester IV dan VI diperoleh informasi bahwa kurangnya motivasi belajar mahasiswa/i dikarenakan belajar di lingkungan praktik klinik kurang kondusif, kurangnya dorongan dalam diri sendiri karena awalnya tidak ada minat menjadi mahasiswa keperawatan, CI klinik yang kurang ramah, terlalu banyak tugas laporan yang harus dikerjakan, sehingga menimbulkan kejenuhan pada mahasiswa. Faktor ini tidak terlepas dari peran seorang CI akademik (dosen) dan CI lapangan. Tujuan : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan motivasi belajar mahasiswa/i program studi S1 keperawatan dalam menjalani praktik klinik keperawatan Di Institut Medika Drg. Suherman (IMDS) Tahun 2019. Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik kuantitatif dengan rancangan penelitian Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi S1 Keperawatan reguler semester IV dan VI, 1 Tahun Ajaran 2018/2019 di Institut Medika Drg. Suherman yang pernah menjalani praktik klinik keperawatan sebanyak 50 mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 74 responden dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data adalah kuesioner. Analisa data yang digunakan adalah analisa univariat dan bivariat berupa uji chi-square dengan nilai signifikan ? < 0,05. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua faktor yang diteliti memiliki pengaruh secara bermakna dengan motivasi belajar. Variabel yang mempengaruhi adalah cita-cita dan aspirasi (p = 0,003 < ? = 0,05), kondisi lingkungan belajar (p = 0,007 < ? = 0,05), upaya pengajar (p = 0,004 < ? = 0,05). Terdapat hubungan signifikan antara cita-cita dan aspirasi, kondisi lingkungan, dan upaya pengajar dengan motivasi belajar mahasiswa program studi S1 Keperawatan dalam menjalani praktik klinik keperawatan. Kesimpulan : Ada hubungan antara cita-cita dan aspirasi, kondisi lingkungan, dan upaya pengajar dengan motivasi belajar mahasiswa program studi S1 Keperawatan dalam menjalani praktik klinik keperawatan di Institut Medika Drg. Suherman tahun 2019. Saran : Diharapkan penelitian ini dapat memberikan masukan dan informasi bagi institusi pendidikan, CI akademik, CI lapangan serta menambah pengetahuan bagi mahasiswa untuk lebih meningkatkan motivasi belajar dalam menjalani praktik klinik keperawatan. 

Institution Info

UNIVERSITAS MEDIKA SUHERMAN