Abstract :
Latar Belakang : Proses pertumbuhan dan perkembangan dan proses
perkembangan pada anak terjadi sejak dalam intra uterine hingga dewasa. Namun
tak jarang dalam proses tersebut terjadi penyimpangan-penyimpangan tertentu.
Masalah penyimpangan tumbuh kembang anak yang terjadi di masyarakat memang
sangatlah bervariasi, diantaranya terjadi gangguan perkembangan, gangguan
bicara, gangguan perkembangan motorik, gangguan mental dan lain-lain. Hasil
studi pendahuluan peneliti yang dilakukan pada tanggal 20 Mei 2019 di TK Tunas
Bangsa Kampung Cicau Desa Cicau Kecamatan Cikarang pusat Kabupaten Bekasi,
terdapat 35 jumlah murid. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan
mengunakan KPSP (Kuesioner Praskrining Perkembangan) di TK Tunas Bangsa
didapatkan 8 dari 10 responden berada dalam kategori meragukan dimana kategori
meragukan ini diambil bila jawaban yang diujikan hanya terdapat ?YA? 8 butir dan
maka hasilnya bisa di simpulkan yaitu ?meragukan? (meragukan terjadinya
penyimpangan dalam tumbuh kembang).
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
berhubungan dengan pola asuh dalam tumbuh kembang anak di TK Tunas Bangsa
Kampung Cicau Desa cicau Kecamatan Cikarang pusat kabupaten Bekasi Tahun
2019.
Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Analitik Kuantitatif
dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
orang tua yang mengantar anaknya di TK Tunas Bangsa Kampung Cicau Desa
Cicau Kecamatan Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi Tahun 2019 dimana jumlah
seluruh responden adalah 35 orang tua. Penelitian ini akan di lakukan selama dua
hari di TK Tunas Bangsa. Sampel yang diambil sebanyak 35 responden dengan
menggunakan teknik Total Sampling. Instrument yang digunakan dalam
pengambilan data adalah kuesioner. Analisa data yang digunakan adalah analisa
univariat dan bivariate berupa uji Chi-square dengan nilai signifikan ? < 0,05.
Hasil : Hasil penelitian ini menunjukan bahwa semua faktor yang diteliti memiliki
pengaruh bermakna dengan pola asuh dalam tumbuh kembang anak. Variable yang
mempengaruhi adalah usia (p = 0,018 < ? = 0,05), pendidikan (p = 0,032 < ? =
0,05), status ekonomi (p = 0,039 < ? = 0,05) dan Lingkungan (p = 0,030 < ? = 0,05).
Terdapat hubungan signifikan antara usia, pendidikan, status ekonomi dan
lingkungan dengan pola asuh dalam tumbuh kembang anak di TK tunas bangsa.
Kesimpulan : Ada hubungan antara usia, pendidikan, status ekonomi, dan
lingkungan dengan pola asuh dalam tumbuh kembang anak di taman kanak-kanak
tunas bangsa kampung cicau desa cicau kecamatan cikarang pusat kabupaten
bekasi tahun 2019.
Saran : Hasil penelitian ini diketahui bahwa terbukti berhubungan secara
signifikan. Oleh karena itu penulis menyarankan agar peneliti selanjutnya bisa
meneliti dengan variable yang lebih banyak lagi.