Abstract :
Latar belakang : Prestasi belajar merupakan indikator yang penting dalam menentukan keberhasilan
suatu pendidikan, dan gangguan pola tidur memiliki dampak buruk yang dapat dirasakan bukan pada
malam hari akan tetapi hal tersebut akan mempengaruhi kita disiang hari baik secara fisik maupun
emosional beberapa hasil penelitian bahwa gangguan pola tidur sering terjadi pada anak uisa 12-15
tahun. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gangguan pola tidur dengan
prestasi belajar siswa kelas VIII di MTsN 03 Bekasi tahun 2022. Metode : Penelitian ini adalah dengan
Analitik Kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Jenis data dalampenelitian ini data primer
dengan pengisian kuesioner tentang Hubungan Gangguan Pola Tidur Dengan Prestasi Belajar Pada
Remaja Sekolah Di MTsN 03 Bekasi Tahun 2022. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel
independen yaitu gangguan pola tidur, dependen prestasi belajar pada siswa kelas VIII di MTsN 03
Bekasi Tahun 2022. Hasil : Penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara Gangguan Pola
Tidur Dengan Prestasi Belajar Pada Siawa Kelas VIII Di MTsN 03 Bekasi Tahun 2022 dengan nilai
Asymptotic Significances (2-sided) 0,016 dengan taraf signifikasi 0,05 sehingga nilai Asymptotic
Significances (2-sided) d 0,05. Artinya terdapat hubungan antara Gangguan Pola Tidur Dengan Prestasi
Belajar Pada Siawa Kelas VIII Di MTsN 03 Bekasi Tahun 2022.
Kesimpulan : Terdapat Hubungan Gangguan Pola Tidur Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas
VIII di MTsN 03 Bekasi Tahun 2022.