Abstract :
Gadget adalah teknologi yang sangat populer saat ini dan baik orang dewasa maupun anak-anak menggunakan
gadget. Gadget adalah istilah bahasa Inggris untuk perangkat elektronik kecil dengan berbagai fungsi khusus,
karena banyak produk gadget untuk anak-anak dan anak-anak telah menjadi konsumen aktif pengguna gadget.
Gadget (Bahasa Indonesia: Gawai) adalah istilah yang berasal dari bahasa Inggris yang mengacu pada
perangkat atau alat dengan tujuan tertentu dan fungsi praktis yang berguna, umumnya diberikan untuk sesuatu
yang baru. Secara umum, gadget dianggap sebagai perangkat elektronik dengan fungsi khusus untuk setiap
perangkat. Contoh: komputer pribadi, ponsel, game. Kecemasan (Ansietas) adalah gangguan alam perasaan
yang ditandai dengan perasaan ketakutan atau kekhawatiran yang mendalam dan berkelanjutan. Tujuan:
Penelitian ini untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget anak usia sekolah dasar dengan kecemasan
orang tua di SD-IT Patriot Kabupaten Bekasi Kecamatan Sukatani Tahun 2022. Metode: penelitian ini
menggunakan kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi orang tua siswa di SD-IT Patriot
Kabupaten Bekasi Kecamatan Sukatani Tahun 2022 berjumlah 106 responden. Teknik samping menggunakan
non probabylity sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner dengan pengolahan data
editing, skoring, tabulating dan analisis data menggunakan uji spearman. Analisis penelitian dengan uji
univariat didapatkan distribusi frekuensi penggunaan gadget sering 81 (76,4%) dan kecemasan panik 70
(66,0%) dan uji bivariat yaitu uji Spearman untuk menguji data non parametrik. Hasil: Penelitian uji spearman
didapatkan p value 0,007 < 0,05 yang diartikan H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan: Adanya hubungan
penggunaan gadget anak usia sekolah dasar dengan kecemasan orang tua di SD-IT Patriot Kabupaten Bekasi
Kecamatan Sukatani Tahun 2022.