Abstract :
Latar Belakang : Diare, yaitu frekuensi yang abnormal dan konsistensi tinja yang lebih cair.
Diare merupakan penyebab utama morbiditas dan merupakan penyakit yang umum terjadi pada
anak diberbagai negara.
Tujuan Penelitian : untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat
pengetahuan ibu dalam merawat anak usia toddler dengan diare di ruang anak Carnation
Rumah Sakit Sentra Medika Cikarang Tahun 2018.
Metode : menggunakan quasi eksperimen Pre dan Post Test Penkes. Populasi pada penelitian ini
adalah seluruh ibu yang memiliki anak usia toddler dengan diare yang sedang menjalani
perawatan di Ruang Anak Carnation RS Sentra Medika Cikarang sebanyak 20 orang. Sempel
dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Cara pengambilan sempel dengan
cara menetapkan ciri-ciri khususyang sesuai dengan tujuan penelitian. Pengambilan data
dilakukan dengan memberikan menggunakan kuesioner kepada responden yang sesuai dengan
ketentuan.Analisa data yang digunakan adalah analisa bivariate berupauji paired t test dengan
nilai ? < 0,05.
Hasil Penelitian : menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara tingkat pengetahuan
sebelum dengan sesudah tindakan pendidikan kesehatan tentang merawat anak usia toddler
dengan diare. Dapat dilihat dari hasil uji data paired t test dengan nilai p value = 0,000.
Kesimpulan : ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan ibu dalam
merawat anak usia toddler dengan diare di ruang anak carnation RS Sentra Medika
Cikarang tahun 2018.