Abstract :
Terdapat informasi dari ulasan google mengenai ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan antenatal di Puskemas Cikarang. Dan angka kematian ibu di Kabupaten Bekasi terdapat peningkatan yaitu 33 kasus kematian ibu dan yang paling tertinggi angka kematian ibu yaitu di Puskesmas Cikarang dari 44 puskesmas di Kabupaten Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan antenatal dengan kepuasan pasien di Puskesmas Cikarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pada penelitian ini menggunakan rumus Lemeshow dengan jumlah populasi tidak diketahui dan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Analisis data yang dilakukan adalah analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi square. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa untuk kepuasan pasien pada pelayanan antenatal di Puskesmas Cikarang lebih dari separuh (52,1%) responden merasa tidak puas, sedangkan (47,9%) responden merasa puas. Didapatkan ada hubungan antara bukti fisik (p=0,004), keandalan (p=0,015), daya tanggap (p=0,000), jaminan (p=0,000), empati (p=0,012) dengan kepuasan pasien. Kesimpulan ada hubungan antara bukti fisik keandalan, daya tanggap, jaminan, empati terhadap kepuasan pasien antenatal di Puskesmas Cikarang.