DETAIL DOCUMENT
Hubungan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Kesehatan dan Citra Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan di RS Cikarang Medika
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS MEDIKA SUHERMAN
Author
Afif Wahyudi Hidayat (STUDENT ID : 121030008)
Arasya Zahra Mawaddah
Subject
UMS.ADMKES02.001 
Datestamp
2024-03-19 02:39:10 
Abstract :
Kepuasan pasien merupakan momen dimana kenyataan melebihi harapan pasien. Adanya peningkatan kunjungan berdampak kepada waktu tunggu pasien, hal tersebut dapat menjadi pengalaman yang kurang menyenangkan bagi pasien. Tujuan penelitan ini mengetahui kepuasan pasien BPJS Kesehatan berdasarkan mutu pelayanan dan citra. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei analitik (non eksperimental) dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini pasien BPJS Kesehatan di instalasi rawat jalan RS. Cikarang Medika dengan jumlah yang tidak diketahui, dan diperoleh sampel 68 responden berdasarkan rumus lemeshow. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang dilakukan adalah analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji statistik chi-square. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa mutu pelayanan kesehatan dan citra berhubungan dengan kepuasan pasien dengan nilai p value < a 0,1. Hasil menunjukkan dari 68 responden (100%), 51 responden menyatakan sudah puas (75,0%), sedangkan 17 responden menyatakan masih tidak puas (25,0%) atas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh RS. Cikarang Medika. 

Institution Info

UNIVERSITAS MEDIKA SUHERMAN