Abstract :
Kepuasan dan presepsi pasien terhadap pelayanan gizi rumah sakit memiliki pengaruh yang penting. Kekurangan gizi bisa menyebabkan fungsi organ terganggu dan akan menjadi lebih buruk. Hal ini dapat membahayakan kondisi pasien dan memperburuk keadaan pasien. Makanan yang bermutu ini dapat mendorong pasien untuk menghabiskan makanan yang diberikan dan mempercepat proses pemulihan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pelayanan makanan dengan tingkat kepuasan pada pasien rawat inap Di Rumah Sakit Sentra Medika Cikarang.
Penelitian menggunakan Cross Sectional. Populasi pada penelitian ini adalah pasien rawat inap di Rumah Sakit Sentra Medika Cikarang, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian dilakukan wawancara dan kuesioner, lalu dianalisis menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji Rank Spearman.
Hasil penelitian didapat tidak ada hubungan antara penampilan makanan p value >0.05 dan rasa makanan p value >0.05 dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit, dan ada hubungan antara pelayanan makanan p value <0.05 dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit.
Kesimpulan dari penelitian ini tidak ada hubungan antara penampilan dan rasa makanan dengan tingkat kepuasan pada pasien rawat inap di rumah sakit dan terdapat hubungan antara pelayanan makanan dengan tingkat kepuasan pada pasien rawat inap di rumah sakit.