DETAIL DOCUMENT
Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Klinik Fatimah Azzahra
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS MEDIKA SUHERMAN
Author
Dea Putri Rafadillah (STUDENT ID : 020719035)
Embriana Dinar Pramestyani
Subject
UMS.FAR02.027 
Datestamp
2024-01-11 03:53:42 
Abstract :
Kepuasan adalah seseorang merasa senang atau kecewa yang dapat muncul setelah membandingkan kinerja atau berhasil produk yang dipikirkan terhadap kinerja atau hasil produk yang diharapkannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi di klinik Fatimah azzahra, dan mengetahui kehandalan (reliability),daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty) dan bukti langsung (tangible) pada pasien di Klinik Fatimah Azzahra. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, desain yang di gunakan pada penelitian ini adalah survei analitik untuk menghubungkan variable independen yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty terhadap tingkat kepuasan pasien. Pendekatan penelitian yang di gunakan yaitu cross sectional yaitu pengumpulan data baik untuk variable idenpenden maupun variable dependent, populasi pada penelitian ini ialah semua pasien yang berkunjung dan mendapatkan resep obat di Klinik Fatimah Azzahra yang telah berkunjung sebanyak 92. Hasil penelitian tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Klinik Fatimah azzahra dilihat dari parameter pengukuran berdasarkan dimensi yaitu tangible sebesar 79,15%, reliability sebesar 81,48%, responsiveness sebesar 79,39%, assurance sebesar 82,62%, dan emphaty sebesar 78,05%. 

Institution Info

UNIVERSITAS MEDIKA SUHERMAN