Abstract :
Latar Belakang: Pelayanan Informasi Obat (PIO) merupakan kegiatan pelayanan
farmasi klinik di Puskesmas yang menyediakan dan memberikan informasi
mengenai obat kepada pasien. Manfaat dari Pelayanan Informasi Obat untuk
menghindari masalah yang berkaitan dengan terapi obat. Tujuan: penelitian ini
untuk mengetahui kesesuaian pelaksanaan informasi obat di Puskesmas Cikarang
aspek farmasetik dan klinis dengan standar Pelayanan Kefarmasian dalam
persentase. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif yang bersifat deskriptif.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung menggunakan
lembar checklist terhadap pasien di Puskesmas Cikarang. Hasil: dari penelitian ini
kesesuaian pelaksanaan informasi obat di Puskesmas Cikarang kategori baik pada
aspek farmasetik meliputi informasi nama obat, bentuk sediaan, dosis, cara pakai
pada range 94-100%, aspek stabilitas dan penyimpanan kurang pada range 0-24%.
Kesesuaian pelaksanaan informasi obat di Puskesmas Cikarang kategori baik pada
aspek klinis meliputi informasi indikasi obat sebesar 86%, aspek kontraindikasi
obat, efek samping, interaksi obat kurang sebesar 0-23%.