Abstract :
Latar Belakang : Puskesmas merupakan suatu unit pelaksana teknis dinas kesehatan di kabupaten atau di kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pelayanan kesehatan. Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan yang bertanggung jawab langsung kepada pasien yang berhubungan dengan sediaan farmasi.
Tujuan : Tujuan Penelitian ini Untuk Mengetahui Hubungan Karakteristik Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Sukaraya.
Metode : Metode pada penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif. purposive sampling.
Hasil : Hasil pada penelitian ini di dapatkan nilai customer satification index (CSI) tertinggi pada parameter Kehandalan (Reliability) sebesar 82,5% dengan tingkat kepuasan yaitu sangat puas, dan parameter terendah berada pada parameter dimensi Daya Tanggap (Responsiveness) mendapatkan nilai Customer satification index (CSI) sebesar 78,8% dengan tingkat kepuasan yaitu puas.
Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signitifikan antara karakteristik pendidikan dengan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Sukaraya dikarenakan nilai p value >0,1. Tidak terdapat hubungan Signitifikan antara karakteristik umur, jenis kelamin, pekerjaan, pengeluaran, tujuan pengobatan, frekuensi kunjungan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Sukaraya dikarenakan nilai p value < 0,1.