Abstract :
INTISARI
FANTASI DALAM FILM POHON PENGHUJAN SUTRADARA ANDRA
FEMBRIARTO. Eksistensi film Pohon Penghujan Sutradara Andra
Fembriarto dibuktikan dengan diraihnya beberapa penghargaan
Internasional. Selain itu, film Pohon Penghujan juga telah diputar di
berbagai tempat pemutaran film dari tahun 2013 hingga tahun 2016.
Hal ini membuat peneliti tertarik untuk menjadikan film Pohon
Penghujan sebagai objek kajian penelitian ini.
Adapun tujuan dari penelitian, yaitu untuk mengungkap konsep ?fantasi?
Jaques Lacan yang terbentuk dalam film Pohon Penghujan. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif: pendekatan estetika formalis,
konsep ?fantasi? Jaques Lacan serta teori montase Eisenstein.
Permasalahan yang muncul dalam penelitian:(1) alasan Sutradara Andra
Fembriarto membuat film Pohon Penghujan (2) estetika formalis film
Pohon Penghujan(3) konsep ?fantasi? dalam film Pohon Penghujan.
Kajian dalam penelitian ini memfokuskan pada proses terbentuknya
konsep ?fantasi? Jaques Lacan dalam film Pohon Penghujan Sutradara
Andra Fembriarto. Analisis menggunakan teori montase Sergei
Eisenstein yakni: metrik, ritmik, tonal, overtonal dan intelektual.
Pengumpulan data penelitian ini: telaah dokumen film Pohon Penghujan
Sutradara Andra Fembriarto, wawancara dan studi pustaka. Analisis
yang digunakan dalam penelitian yaitu, analisis interaksi, analisis
interpretasi dan analisis montase Sergei Eisenstein, yaitu metrik, ritmik,
tonal, overtonal dan intelektual.
Hasil dari penelitian ini adalah mengungkap proses kemunculan serta
eksistensi film Pohon Penghujan sebagai film pendek Independen
bergenre fiksi fantasi tahun 2013, mengungkapkan makna dibalik film
Pohon Penghujan sebagai estetika formalis, serta mengungkap konsep
?fantasi? Jaques Lacan yang terbentuk dalam film Pohon Penghujan
Sutradara Andra Fembriarto melalui analisis montase dari Sergei
Eisenstein.
Kata Kunci: Fantasi, Estetika, Montase, Pohon Penghujan.