Abstract :
Peran Tayangan Kampanye Di Televisi Dalam Penentuan Pilihan Presiden
Bagi Pemilih Pemula Di Desa Kismoyoso Kecamatan Ngemplak Kabupaten
Boyolali. (Yusuf Nugroho, i-65) Skripsi, Program Studi Televisi dan Film,
Jurusan Seni Media Rekam, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni
Indonesia Surakarta.
Menjelang pilihan presiden 2014 yang akan menentukan nasib bangsa
Indonesia lima tahun ke depan, terlihat ada gejala perubahan media, khususnya
televisi. Bermunculan program terkait dengan kampanye hadir diberbagai Stasiun
Televisi. Kampanye politik melalui media televisi dinilai sangat efektif karena
jangkauannya yang luas dan bisa menembus ruang internal golongan manapun.
Penelitian ini fokus terhadap studi khalayak subjeknya adalah para pemilih
pemula di Desa Kismoyoso Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali yang
terdapat 10% pemilih pemula dari keseluruhan. Sikap politik pemilih pemula
yang berusia antara 17-21 tahun, dinilai sangat sensitif dan rentan dengan
berbagai kondisi kognitif, afektif dan perilaku individu ketika bersentuhan dengan
realitas sosial. Tujuan yang diinginkan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui sikap politik pemilih pemula di Desa Kismoyoso, Kecamatan
Ngemplak, Kabupaten Boyolali yang dikaitkan dengan pola konsumsi media
Televisi yang ditayangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah model
penelitian deskriptif kualitatif dengan populasi pemilih pemula di Desa
Kismoyoso dan terpilih sejumlah 14 responden yang dipilih secara Purposive
Sampling. Dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 14 responden dengan 7 orang yang paling
banyak waktu menonton televisi semuanya mempertimbangkan dan dari
responden paling sedikit waktu menonton televisi, dengan hasil 5
mempertimbangkan dan 2 tidak mempertimbangkan sehingga dapat dikatakan
bahwa tayangan kampanye di televisi secara umum mempengaruhi sikap politik
bagi pemilih pemula di Desa Kismoyoso dan tayangan kampanye di televisi
menjadi pertimbangan untuk pilihan presiden.