DETAIL DOCUMENT
PERAN TAYANGAN KAMPANYE DI TELEVISI DALAM PENENTUAN PILIHAN PRESIDEN BAGI PEMILIH PEMULA DI DESA KISMOYOSO KECAMATAN NGEMPLAK KABUPATEN BOYOLALI
Total View This Week0
Institusion
Institut Seni Indonesia Surakarta
Author
Nugroho, Yusuf
Subject
Televisi dan Film 
Datestamp
2016-09-28 06:45:18 
Abstract :
Peran Tayangan Kampanye Di Televisi Dalam Penentuan Pilihan Presiden Bagi Pemilih Pemula Di Desa Kismoyoso Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali. (Yusuf Nugroho, i-65) Skripsi, Program Studi Televisi dan Film, Jurusan Seni Media Rekam, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta. Menjelang pilihan presiden 2014 yang akan menentukan nasib bangsa Indonesia lima tahun ke depan, terlihat ada gejala perubahan media, khususnya televisi. Bermunculan program terkait dengan kampanye hadir diberbagai Stasiun Televisi. Kampanye politik melalui media televisi dinilai sangat efektif karena jangkauannya yang luas dan bisa menembus ruang internal golongan manapun. Penelitian ini fokus terhadap studi khalayak subjeknya adalah para pemilih pemula di Desa Kismoyoso Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali yang terdapat 10% pemilih pemula dari keseluruhan. Sikap politik pemilih pemula yang berusia antara 17-21 tahun, dinilai sangat sensitif dan rentan dengan berbagai kondisi kognitif, afektif dan perilaku individu ketika bersentuhan dengan realitas sosial. Tujuan yang diinginkan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap politik pemilih pemula di Desa Kismoyoso, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali yang dikaitkan dengan pola konsumsi media Televisi yang ditayangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian deskriptif kualitatif dengan populasi pemilih pemula di Desa Kismoyoso dan terpilih sejumlah 14 responden yang dipilih secara Purposive Sampling. Dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 14 responden dengan 7 orang yang paling banyak waktu menonton televisi semuanya mempertimbangkan dan dari responden paling sedikit waktu menonton televisi, dengan hasil 5 mempertimbangkan dan 2 tidak mempertimbangkan sehingga dapat dikatakan bahwa tayangan kampanye di televisi secara umum mempengaruhi sikap politik bagi pemilih pemula di Desa Kismoyoso dan tayangan kampanye di televisi menjadi pertimbangan untuk pilihan presiden. 
Institution Info

Institut Seni Indonesia Surakarta