DETAIL DOCUMENT
PENERIMAAN MASYARAKAT SIMO TERHADAP KOMODIFIKASI KEHIDUPAN PRIBADI DALAM SEGMEN HIPNOTIS PROGRAM “SUKA SUKA UYA” DI MNC TV
Total View This Week0
Institusion
Institut Seni Indonesia Surakarta
Author
Pahlevi, Hanief Novia
Subject
Televisi dan Film 
Datestamp
2016-09-28 06:47:55 
Abstract :
PENERIMAAN MASYARAKAT SIMO TERHADAP KOMODIFIKASI KEHIDUPAN PRIBADI DALAM SEGMEN HIPNOTIS PROGRAM ?SUKA SUKA UYA? DI MNC TV. (Hanief Novia Pahlevi, 2014) Skripsi S-1 Prodi Televisi dan Film, Jurusan Seni Media Rekam, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta. Penelitian ini berawal dari hadirnya program acara televisi yang mengangkat tentang kehidupan pribadi seperti tayangan ?Suka Suka Uya?. Kehidupan pribadi yang dahulu menjadi sesuatu hal yang sangat private telah dikomodifikasi menjadi sebuah tayangan untuk meraup kapital bagi pemilik modal melatar belakangi penelitian ini. Pengamatan awal pada program acara ?Suka Suka Uya? menunjukan bahwa tayangan tersebut tidak ada nilai edukasi dan hanya mengumbar permasalahan kehidupan pribadi setiap bintang tamu yang dihadirkan, hal ini kurang pantas jika ditayangkan di televisi dan dikonsumsi oleh khalayak umum. Masyarakat Simo terpilih menjadi informan karena bagi sebagian besar masyarakat masih tabu akan masalah kehidupan pribadi yang diangkat kemuka umum. Masalah ini kemudian difokuskan pada bagaimana penerimaan masyarakat Simo terhadap komodifikasi kehidupan pribadi program ?Suka Suka Uya?. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penerimaan khalayak di Kecamatan Simo terhadap komodifikasi kehidupan pribadi dalam segmen hipnotis program?Suka-Suka Uya?. Skripsi ini menggunakan metode kualitatif. Dalam memahami penerimaan masyarakat terhadap program acara tersebut digunakan reception analysis. Pendekatan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana khalayak menerima isi pesan yang disampaikan oleh media. Penerimaan khalayak tersebut bukan semata-mata diperoleh pada saat menyaksikan apa yang disampikan oleh media, akan tetapi diperoleh berdasarkan proses panjang yang terakumulasi menjadi sebuah pengalaman berharga dalam diri khalayak yang kemudian membentuk pola piker dan cara pandang yang berbeda-beda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerimaan masyarakat Kecamatan Simo terhadap komodifikasi kehidupan pribadi dalam tayangan ?Suka Suka Uya? berada pada posisi oppositional dan negosiated. Hal tersebut dipengaruhi beberapa faktor seperti latar belakang sosial, pekerjaan, umur, jenis kelamin, pendidikan dan lingkungan tempat tinggal. 
Institution Info

Institut Seni Indonesia Surakarta