Abstract :
STRATEGI MANAJEMEN PENYIARAN TVKU SEBAGAI TELEVISI
PENDIDIKAN ALTERNATIF
(Umi Dwi Pratiwi, 2014,hal i ? 103) Skripsi S-1 Prodi Televisi Jurusan Seni
Media Rekam. Institut Seni Indonesia
Penelitian ini berawal dari eksistensi sebuah Televisi Kampus yang
mempunyai visi mencerdaskan bangsa melalui audio visual. Televisi Kampus
Universitas Dian Nuswantoro yang lebih dikenal dengan nama TVKU.
TVKU merupakan televisi kampus yang berdiri tahun 2003 dan mempunyai
program-program alternatif pendidikan dan pengetahuan yang dapat
meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Masalah ini difokuskan pada kesuksesan
TVKU melalui strategi manajemen untuk bertahan sebagai televisi pendidikan
alternatif. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan strategi manajemen yang
dilakukan TVKU sebagai televisi pendidikan alternatif.
Skripsi ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa strategi manajemen yang dilakukan TVKU meliputi 3pilar, yang pertama
Strategi program yang meliputi perencanaan program, produksi dan kerjasama
program, eksekusi program, pengawasan dan evaluasi program. Pilar kedua
pemasaran program, pilar ketiga yaitu teknik penyiaran.
TVKU sebagai televisi pendidikan alternatif untuk mempertahankan eksistensi
dan memperbaiki kondisinya, TVKU menjalankan berbagai strategi, diantaranya
perencanaan program, kerjasama dengan pihak lain (PUSTEKOM, Pemerintah,
VOA) juga bersinergi dengan Suara Merdeka. Sumber pendapatan TVKU melalui
iklan (iklan komersial dan Iklan Layanan Masyarakat), menjual slot time,
menayangkan talkshow atas permintaan suatu perusahaan, dan menjadi divisi
production house (PH). Content Pedidikan menjadi keunggulan bersaing TVKU
untuk tetap bertahan sampai saat ini.