DETAIL DOCUMENT
Game, Little Nightmares II, Karakter, Manga Matrix, Teori Warna
Total View This Week0
Institusion
Institut Seni Indonesia Surakarta
Author
Lestari, Puji
Subject
Desain Komunikasi Visual 
Datestamp
2023-08-09 06:14:10 
Abstract :
Animasi merupakan saIah satu media hiburan yang sangat terkenaI di berbagai belahan dunia. Animasi tak lepas dari desain karakter, yaitu merupakan hasil visualisasi yang disesuaikan dari tema film animasi, mulai dari nama, proporsi tubuh, gaya ilustrasi, properti, dan ekspresi. Raya and the Last Dragon merupakan film animasi garapan Disney yang berlatarkan budaya Asia Tenggara, dalam proses pembuatannya pihak Disney melakukan observasi di Bali, Indonesia. Hal yang mendasari pada penelitian ini yaitu untuk mencari letak unsur budaya Indonesia yang ada pada desain karakter film tersebut, dengan mendeskripsikan secara visual desain karakter menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif. Tahapan dalam analisis menggunakan teori dari Scott McCloud (2006) menggunakan aspek Visual Distinction, yang dikerucutkan menjadi dua variabel Tampilan Fisik dan Kostum, hasil kajian dari Rendya Adi Kurniawan. Penelitian ini mengkaji enam desain karakter yang merupakan tokoh utama dalam film tersebut yaitu Raya, Sisu, Namaari, Boun, Little Noi, dan Tong. Temuan yang didapatkan dari enam karakter tersebut terdapat satu unsur budaya Indonesia yang terverifikasi, yaitu senjata keris yang digunakan oleh tokoh utama Raya. Secara fungsi keris Raya digunakan untuk senjata pedang. Kemudian, secara visual kesamaan antara dua keris tersebut terletak pada bentuk bilahnya, yaitu dhapur luk. 
Institution Info

Institut Seni Indonesia Surakarta