Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hasil analisis terhadap poster
Banyuwangi Festival (B-Fest) yang diselenggarakan pada tahun 2018 hingga 2022.
Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini karena terlihat representasi
makna dan elemen visual serta prinsip-prinsip layout yang terkadung dalam poster
Banyuwangi festival. Metode analisis yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif
dengan landasan teori semiotika Charles Sanders Pierce dan teori layout Surianto
Rustan. Secara spesifik, penelitian ini merujuk pada pendekatan semiotika dimana
di dalamnya terdapat uraian representasi makna dan bentuk berupa elemen visual
dan implementasi prinsip-prinsip layout pada lima poster Banyuwangi Festival(BFest). Proses penelitian dimulai dari pengumpulan data, diantaranya yaitu
dokumentasi, wawancara, dan studi pustaka. Kemudian dilanjutkan dengan tahap
analisis data menggunakan konsep analisis Miles dan Huberman yang terbagi
menjadi 3 tahapan yakni reduksi, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil
analisis menunjukkan bahwa terdapat makna tanda dan objek yang terkadung pada
poster Banyuwangi Festival dengan menggunakan teori Charles Sanders Pierce
yang merupakan representasi dari festival-festival di daerah Kabupaten
Banyuwangi serta terdapat 11 (sebelas) elemen, baik dari elemen visual maupun
teks. Elemen visualnya terdiri dari foto, point, bidang, garis, header dan footer
sedangkan elemen teks terdiri dari judul (headline) subjudul (subhead),
mandatories, body copy, dan caption. Dari hasil identifikasi visual tersebut,
ditemukan bahwa terdapat 5 (lima) elemen utama yang secara konsisten
dicantumkan di dalam poster Banyuwangi Festival(B-Fest) di antaranya yaitu judul,
mandatories (keterangan waktu, tanggal, dan tempat Fetsival), foto (maskot),
bidang, serta footer (logo sponsorship). Sedangkan bila ditinjau dari prinsip-prinsip
layout, ditemukan bahwa poster Banyuwangi Festival (B-Fest) tahun 2018 - 2022
belum sepenuhnya memenuhi prinsip sequence (alur) dan unity (kesatuan).
Sementara poster Banyuwangi Festival tahun 2018-2022 memiliki kualitas visual
yang lebih baik karena sudah memenuhi keempat prinsip layout. Hal tersebut
mampu menjadi jawaban terhadap nilai semiotika dan elemen visual serta prinsipprinsip layout yang terkadung pada poster Banyuwangi Festival (B-Fest) tahun
2018-2022