Abstract :
Penelitian ini berfokus pada infografis statis tentang pengasuhan anak usia
1-5 tahun di media massa online Haibunda.com, Ibupedia.com, dan
Theasianparent.com Indonesia. Narasi visual infografis parenting adalah konsep
bercerita visual tentang tindakan orang tua terhadap anak yang disajikan melalui
infografis. Kajian tentang infografis parenting ini belum dilakukan, yang ada berbasis
perancangan. Kajian umum tentang infografis sebelumnya berfokus pada
efektivitas, interaktivitas narasi, warna, ilustrasi, dan peran infografis.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan
data melalui observasi, wawancara, dan kepustakaan. Tujuan penelitian untuk
mengungkap faktor yang melatarbelakangi peristiwa sosial parenting dinarasikan
dengan infografis, menggunakan pendekatan desain komunikasi visual
Amy Artnston dan Robin Landa, ditunjang teori komunikasi massa Denis
McQuail. Mengungkap sistem membangun makna narasi visual infografis parenting
melalui konsep Triadik Sumbo Tinarbuko dan Roland Barthes, serta narasi visual
Tony Caputo. Mengungkap pola narasi visual infografis parenting di website
dan Instagram dengan pendekatan desain komunikasi visual, estetika Thomas
Aquinas untuk menganalisis nilai-nilai estetis pola penyajian infografis. Miles dan
Huberman digunakan untuk reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) faktor yang melatarbelakangi peristiwa
sosial parenting dinarasikan dengan infografis adalah; kebutuhan informasi
parenting, tren budaya visual, pemenuhan kebutuhan pembacaan cepat, peningkatan
pengetahuan, dan performa media. (2) Sistem membangun makna narasi
visual infografis parenting melalui; a. integrasi antar komponen dan kaidah penyajian
(kejelasan, realisme, dinamisme, keberlanjutan); b. tanda visual-verbal; c.
konsep penyajian (ide), makna, gaya dan bobot narasi visual. (3) Pola narasi visual
infografis parenting pengasuhan anak di media parenting menggunakan pola
linier klasik, kombinasi, komik, poster dan tabel, namun penggunaannya dalam
porsi berbeda. Pola tersebut mengacu pada sub-konsep; perkembangan, desain estetis,
dan fungsi, yang dipayungi oleh ilmu narasi visual dalam bidang keilmuan
Desain Komunikasi Visual. Novelties penelitian, infografis pola asuh anak usia 1-
5 tahun sebagai model acuan dalam konsep narasi visual infografis parenting baik
di media online maupun offline, khususnya latar belakang penarasian, sistem
membangun makna, dan pola narasinya. Menjadi kebaruan karena belum pernah
dilakukan kajian.
Hasil kajian diharapkan memperkaya khasanah pengembangan narasi visual
infografis di media parenting online dan pengembangan studi Desain Komunikasi
Visual digital pada khususnya. Berkontribusi terhadap pengem-bangan industri
kreatif Indonesia. Sinergitas antar keilmuan dapat memperluas cakupan
keilmuan DKV melalui narasi visual infografis. Keterlibatan semiotika sebagai teori
untuk membongkar makna (decoding) dan estetika dapat memperkaya pengetahuan
nilai-nilai estetis pola penyajian narasi visual infografis yang lebih dinamis,
estetis, dan kekinian.