Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi fully furnished interior pada
pemasaran properti perumahan Fajar Indah Permata 2 di Surakarta di Surakarta.
Penelitian ini menggunakan teori marketing mix dan teori perilaku konsumen dalam
mengambil keputusan pembelian berdasarkan strategi fully furnished interior pada
pemasaran properti serta kaitanya dengan industri desain interior. Pendekatan
kualitatif digunakan dengan metode penelitian deskriptif, melibatkan wawancara
dan kuisioner terbuka kepada konsumen perumahan. Data yang terkumpul
kemudian dianalisis untuk mendapatkan hasil yang dapat memberikan pemahaman
lebih dalam tentang pengaruh strategi fully furnished interior terhadap minat
konsumen yang menunjukkan bahwa Perumahan Fajar Indah Permata 2 telah
menerapkan pendekatan pemasaran yang komprehensif dan beragam salah satunya
strategi fully furnished interior yang menjadi keunggulan kompetitif yang menarik
bagi konsumen yang menginginkan kenyamanan dan kemudahan dalam menempati
properti. Analisis data menunjukkan bahwa strategi fully furnished interior
memiliki dampak terhadap minat konsumen dilihat dari teori perilaku konsumen
dalam keputusan pembelian perumahan yang dipengaruhi oleh faktor budaya,
sosial, pribadi dan psikologis. Tingkat ketertarikan konsumen terhadap kedua jenis
properti tersebut cenderung tinggi, menunjukkan bahwa keduanya memiliki pasar
yang potensial