Abstract :
Aplikasi Tik Tok merupakan aplikasi jejaring sosial yang dapat
digunakan sebagai salah satu metode pembelajaran yang dikatakan
cukup efektif dalam masa pandemi. Terdapat berbagai fitur yang dapat
menarik minat siswa dalam belajar. Dalam penelitian ini, peneliti
menggunakan Tik Tok sebagai media pembelajaran vokal untuk melihat
peningkatan partisipasi, daya ingat dan kualitas vokal siswa Gilang
Ramadhan Studio Band Solo (GRSB) selama masa pandemi. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan
behavioristik. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis
SWOT. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa
tidak ada peningkatan kualitas vokal siswa yang ditimbulkan melalui
metode pembelajaran Tik Tok. Namun terdapat perbedaan nilai yang
signifikan pada daya ingat dan partisipasi siswa GRSB Solo. Nilai yang
didapat setelah menggunakan Tik Tok lebih tinggi dari nilai sebelum
menggunakan media Tik Tok.
Kata kunci : Pembelajaran vokal, tanpa tatap muka, Tik Tok.