Institusion
Institut Seni Indonesia Surakarta
Author
Prakasiwi, Marieta Dian Ayu
Subject
Tari
Datestamp
2016-11-24 04:03:28
Abstract :
KOREOGRAFI TARI GELENG RO?OM KARYA DIMAS PRAMUKA
ADMAJI (MARIETA DIAN AYU PRAKASIWI, 2016) Skripsi Program
Studi S-1, Seni Tari, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia
Surakarta.
Penelitian terhadap tari Geleng Ro?om ciptaan Dimas Pramuka
Admaji ini menitikberatkan pada kajian bentuk koreografi. Penelitian ini
berawal dari ketertarikan ketika melihat bentuk sajian tari Geleng Ro?om
dan keberadaannya yang cukup eksis di Jawa Timur dan sekitarnya.
Penelitian ini membahas dua permasalahan yakni, bagaimana proses
kreatif Dimas Pramuka Admaji dalam tari Geleng Ro?om, dan bagaimana
koreografi tari Geleng Ro?om. Permasalahan proses kreatif dianalisis
menggunakan landasan pemikiran dari George J.Seidel dan Allegra
Snyder, sedangkan permasalahan bentuk koreografi dianalisis
menggunakan landasan pemikiran dari Sumandyo Hadi dan Peggy Choy.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan bentuk
deskripsi analisis yaitu, dengan memberikan gambaran dan memaparkan
data yang berkaitan dengan proses kreatif dan bentuk tari Tari Geleng
Ro?om.
Hasil dari penelitian ini adalah, dapat diketahui tentang proses
kreatif Dimas Pramuka Admaji dalam penciptaan tari Geleng Ro?om dan
bentuk koreografi tari Geleng Ro?om. Proses kreatif Dimas merupakan
proses kreatif yang dirangsang dari sebuah tugas untuk mewakili Provinsi
Jawa Timur dalam Parade Tari Nusantara 2006. Penciptaan tari Geleng
Ro?om terinspirasi dari fenomena keberadaan perantau wanita Madura
yang ada di Surabaya yang berprofesi sebagai pedagang keliling
tradisional dan keterkaitannya dengan budaya wanita Madura yang
menganganggap gelang sebagai penanda status ekonomi dan sosial.
Bentuk koreografi tari Geleng Ro?om adalah tari kreasi putri kelompok
yang memunculkan karakter wanita Madura yang unik dan berbeda
dengan wanita lain pada umumnya. Kemunculan karakter ini diwujudkan
dalam garap gerak yang diinspirasi dari kegiatan pedagang wanita
Madura, eksplorasi terhadap gelang, dan pengembangan gerak tari tradisi
Madura. Selain itu, musik, rias dan busana dalam tari ini digarap dengan
pendekatan suasana Madura.
Keywords : Tari Geleng Ro?om, koreografi, proses kreatif Dimas