DETAIL DOCUMENT
GARAP KENDANG GENDHING PRING GLENDHENGAN KETHUK 2 KEREP MINGGAH 4 LARAS PÉLOG PATHET LIMA
Total View This Week0
Institusion
Institut Seni Indonesia Surakarta
Author
Syahputra, Anggara Adhi
Subject
Karawitan 
Datestamp
2024-03-28 04:53:32 
Abstract :
Skripsi karya seni dengan judul ?Garap Kendang Gendhing Pring Glendhengan Kethuk 2 Kerep Minggah 4 Laras Pélog Pathet lima? ini merupakan sajian hasil analisis garap kendang Gendhing Pring Glendhengan dalam konteks sajian mrabot. Mrabot merupakan sebuah sajian gending yang lengkap dari segi bentuk serta garapnya. Gending yang dianalisis adalah Lagon Jambé Thukul dhawah Pring Glendhengan, gendhing kethuk 2 kerep minggah 4, kalajengaken Ladrang Hayu trus Ayak-Ayak Kemuda mawi Palaran Durma Dhadapan laras pélog pathet lima dari sudut pandang garap kendangannya. Dalam menganalisis garap kendang Gendhing Pring Glendhengan digunakan empat konsep yaitu; konsep garap, konsep matut, konsep mungguh, dan konsep mandheg. Penelitian ini berpijak pada penelitian kualitatif di mana pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, observasi, dan wawancara. Data-data yang telah terkumpul kemudian melalui proses reduksi, analisis, dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukan 1). Sususan konsep kendangan mrabot pada gending laras pelog pathet lima dengan memperhatikan bentuk dan strukturnya. 2) Gendhing Pring Glendhengan adalah gending yang semula mempunyai karakter agung, kemudian digarap menjadi rasa prenés. Hal ini terlihat pada garap inggah Gendhing Pring Glendhengan yang secara konvensi digarap kosek alus, namun pada penelitian ini digarap dengan garap kendang ciblon. 3) Garap mandheg pada Gendhing Pring Glendhengan dengan pertimbangan alur melodi balungan. Kata kunci: mrabot, gendhing, Pring Glendhengan, kendhangan. 
Institution Info

Institut Seni Indonesia Surakarta