DETAIL DOCUMENT
KAJIAN GARAP KENDANG WIDARAGA, GENDHING KETHUK 2 KEREP MINGGAH 4 LARAS SLÉNDRO PATHET SANGA : SAJIAN MRABOT
Total View This Week0
Institusion
Institut Seni Indonesia Surakarta
Author
Atmojo, Qohar Tri
Subject
Karawitan 
Datestamp
2024-05-27 06:59:24 
Abstract :
Skripsi karya seni ini berjudul Kajian Garap Kendang Widaraga, Gendhing Kethuk 2 Kerep Minggah 4 Laras Sléndro Pathet Sanga : Sajian Mrabot. Dua permasalahan yang disajikan dalam skripsi karya seni ini adalah: (1) Bagaimana garap kendhangan pada gending tersebut; dan (2) Bagaimana cara menggarap gending tersebut agar terlihat menarik untuk dinikmati oleh masyarakat umum. Permasalahan tersebut dikaji dengan beberapa konsep agar terciptanya kemungguhan garap pada gending yang disajikan pada skripsi ini. Penelitian ini menggunakan metode kualititaf. Data penelitian tersebut didapat melalui studi pustaka, observasi, dan wawancara kepada seniman yang ahli di bidang karawitan. Penelitian ini juga didasarkan pada landasan konseptual, konsep yang digunakan adalah konsep mrabot, garap, mungguh, irama, laya, mandheg, dan matut. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dalam Gending Widaraga terdapat notasi balungan yang berpotensi untuk disajikan dengan garap kendhangan menthogan. Selain berpotensi digarap dengan kendhangan menthogan, Gendhing Widaraga juga mempunyai potensi disajikan dengan garap ngaplak panjang, salahan, dan mandheg. Rangkaian garap yang dimaksud terdapat pada bagian inggah kenong pertama gatra keempat sampai kenong kedua gatra keempat. Penulis mencoba menerapkan garap tersebut agar terciptanya variasi garap yang ada pada karawitan khususnya gaya Surakarta, hal tersebut bertujuan agar penonton atau penikmat karawitan tidak bosan dengan garap-garap yang umum dikarawitan tradisi. Kata kunci : Garap, kendhangan, menthogan, mrabot, widaraga. 
Institution Info

Institut Seni Indonesia Surakarta