Abstract :
Tembang macapat merupakan puisi tradisional Jawa yang berisi tentang nasehat kehidupan
mulai dari manusi lahir hingga meninggal. Tembang macapat juga menjadi salah satu mata
pelajaran sekolah dasar. Perancangan ini didasari atas keprihatinan melihat banyaknya
siswa-siswa yang tidak memahami makna dari tembang macapat yang sudah diajarkan mulai
dari sekolah dasar, tembang macapat sendiri mengandung banyak pesan moral yang penting
dipahami untuk anak-anak sejak dini. Perancangan ini diciptakan sebagai media baru untuk
mengajarkan tembang macapat yang biasanya hanya diajarkan di buku-buku sekolah.
Metode perancangan menggunakan teori Sherin (2017), berisi 5 tahap yaitu brief, research,
visual design development, revision, dan implementation. Strategi visual perancangan buku
cerita bergambar ini berpedoman pada buku ?Picture Books For Children? karya dari Mary
Northrup tahun 2012. Penulisan naskah cerita ini menggunakan Formula 3 Act Structure
(Struktur 3 babak). Pembuatan naskah menggunakan konsep Syd Field dalam bukunya
tahun 1979 yang berjudul ?screenplay: The Foundation of screenwriting?. Melalui tahapan
tersebut terbentuklah karya dalam bentuk buku cerita bergambar tembang macapat yang
akan menjadi pembelajaran siswa sekolah dasar mengenai makna yang terkandung dalam
tembang macapat. Diharapkan dengan adanya buku ini siswa dapat menerapkan semua
pembelajaran yang baik melalui buku cerita bergambar tembang macapat.