DETAIL DOCUMENT
RÃ…NÃ…-RENE WALKING TOUR KIT SEBAGAI BRAND ACTIVATION SOERAKARTA WALKING TOUR
Total View This Week0
Institusion
Institut Seni Indonesia Surakarta
Author
Echizha, Kevin Jeremy
Subject
Desain Komunikasi Visual 
Datestamp
2024-07-02 04:45:39 
Abstract :
Soerakarta Walking Tour (SWT) banyak diikuti generasi muda Kota Surakarta atas dasar tren dan sekedar mengikuti sehingga mengakibatkan peserta lebih mudah melupakan sampaian materi tim SWT. Padahal, nilai sejarah mengalami ancaman pencurian, penipuan, penghilangan, perusakan, dan penjualan. Solusi dengan perancangan media kit perlengkapan perjalanan sebagai bentuk brand activation. Menargetkan user yang memiliki kebiasaan menulis pengalaman, yang menjadi bentuk respon menulis, menggambar, dan menyimpan sampaian materi tim SWT. Tujuannya agar sampaian informasi mudah dipahami dan diingat. Media tersebut digunakan saat program perjalanan dan dapat dibawa pulang agar dapat disimpan sebagai alat recall memory atau sarana berbagi pengalaman kepada orang lain. Proses perancangannya menggunakan jenis penelitian kualitatif dan metode desain Double Diamond Design Framework. Luarannya terdiri dari media utama berupa map panduan dan buku jurnal, media desain pendukung berupa media pelengkap media utama, dan media publikasi menggunakan sosial media Instagram SWT. Media publikasi menggunakan konsep kreatif content pillar dan copywriting formulas teknik AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action). 
Institution Info

Institut Seni Indonesia Surakarta