Abstract :
Soerakarta Walking Tour (SWT) banyak diikuti generasi muda Kota Surakarta atas
dasar tren dan sekedar mengikuti sehingga mengakibatkan peserta lebih mudah
melupakan sampaian materi tim SWT. Padahal, nilai sejarah mengalami ancaman
pencurian, penipuan, penghilangan, perusakan, dan penjualan. Solusi dengan
perancangan media kit perlengkapan perjalanan sebagai bentuk brand activation.
Menargetkan user yang memiliki kebiasaan menulis pengalaman, yang menjadi
bentuk respon menulis, menggambar, dan menyimpan sampaian materi tim SWT.
Tujuannya agar sampaian informasi mudah dipahami dan diingat. Media tersebut
digunakan saat program perjalanan dan dapat dibawa pulang agar dapat disimpan
sebagai alat recall memory atau sarana berbagi pengalaman kepada orang lain.
Proses perancangannya menggunakan jenis penelitian kualitatif dan metode desain
Double Diamond Design Framework. Luarannya terdiri dari media utama berupa
map panduan dan buku jurnal, media desain pendukung berupa media pelengkap
media utama, dan media publikasi menggunakan sosial media Instagram SWT.
Media publikasi menggunakan konsep kreatif content pillar dan copywriting
formulas teknik AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action).