Abstract :
PENGARUH PERUBAHAN KONTEN TERHADAP SHARE PROGRAM
ORANG PINGGIRAN TRANS7 (Ragil Heri Dewantoro, 2015, hal i-153)
Skripsi S-1 Program Studi Televisi dan Film, Jurusan Seni Media Rekam,
Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institus Seni Indonesia (ISI) Surakarta.
Penelitian pada ranah kajian televisi sebagai teks ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana pengaruh perubahan konten terhadap share program Orang
Pinggiran Trans7. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif
dengan menggunakan metode deskriptif. Objek kajian pada penelitian ini adalah
tayangan program Orang Pinggiran Trans7 dari 10 Desember 2010 (awal tayang)
? Mei 2014 dimana perubahan terjadi pada tanggal 14 Februari 2014 selanjutnya
dipilih 4 episode sebelum adanya perubahan dan 4 episode setelah adanya
perubahan sebagai sampel penelitian dengan purposive sampling. Teknik
pengumpulan data yang diterapkan adalah observasi dan dokumen. Analisa data
dilakukan menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman, yaitu
reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pemecahan
masalah dalam penelitian ini dengan menganalisa nama dan kemasan program pada
sampel penelitian untuk mengetahui lebih detail perubahan konten yang terjadi dan
menghitung data share sebelum maupun setelah adanya perubahan untuk
mengetahui pengaruh adanya perubahan konten. Berdasarkan data yang berhasil
dikumpulkan dan dianalisa dapat disimpulkan bahwa nama program tidak
mengalami perubahan. Kemasan program dilihat dari tokoh pengisi acara, busana
yang dikenakan, setting lokasi, dan bumper program. Tokoh pengisi acara berubah
dari yang awalnya diutamakan tokoh anak-anak dengan pekerjaan seadanya atau
serabutan berubah menjadi lebih fleksibel, bisa anak-anak, dewasa, dan orang tua
dengan pekerjaan buruh olahan makanan. Busana dan setting lokasi setiap episode
menyesuaikan dengan cerita yang diangkat. Bumper mengalami perubahan selama
2 kali sejak bumper awal tayang, dan perubahan terjadi sebelum tanggal 14 Februari
2014. Pengaruh perubahan konten terhadap share program adalah menaikkan angka
share, rata-rata share sebelum adanya perubahan 10,9 dan rata-rata share setelah
adanya perubahan 12,4.
Kata Kunci : Konten, Share, Orang Pinggiran.