Abstract :
NYANTRIK:
SISTEM PEMBELAJARAN
WAYANG BOCAH
DI
PADEPOKAN TJIPTA BOEDAJA
, (Aprilina Eka Fitriani, 2013,
112 halaman).
Skripsi Program Studi S
-1, Jurusan Seni Tari, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut
Seni Indonesia Surakarta.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sistem
pembelajaran
Wayang
Bocah
di Padepokan Tjipta Boedaja yang peneliti sebut dengan
nyantrik
.
Wayang
Bocah
merupakan salah satu dari jenis Wayang Orang yang dimainkan oleh anak
-
anak antara usia 3
-15 tahun. Alasan peneliti tertarik melakukan penelitian ini
antara lain antusias anak
-anak untuk belajar kesenian terutama kesenian Wayang
Orang melalui
Wayang Bocah
dan sistem pembelajaran
pada
Wayang Bocah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kualitatif dan teknik pengumpulan data diperoleh melalui studi pustaka, observasi
lapangan, dan wawancara. Peneliti mencari
data dengan melakukan pendekatan
sosial.
Analisis data menggunakan analisis deskriptif dimana peneliti menjabarkan
fenomena-
fenomena fakta yang terjadi di lingkungan Padepokan Tjipta Boedaja.
Data yang diperoleh diolah dengan meminjam istilah
nyantrik
untuk mengupas
sistem pembelajaran yang ada di Padepokan Tjipta Boedaja.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah mengetahui bahwa sistem
pembelajaran ?
nyantrik?
di Padepokan Tjipta Boedaja berbeda dengan
nyantrik
secara umum
yang telah menyebar ke masyarakat. Selain itu, dengan
dilakukannya penelitian ini membuka wawasan peneliti bahwa di dalam sebuah
kesenian Wayang Orang terdapat nilai
-nilai luhur yaitu dapat menghaluskan budi,
mengajari tentang etika pendewasaan diri, serta ajaran
-ajaran tentang k
ehidupan.
Kata kunci: sistem pembelajaran,
nyantrik,
dan
Wayang Bocah