DETAIL DOCUMENT
NYANTRIK: SISTEM PEMBELAJARAN WAYANG BOCAH DI PADEPOKAN TJIPTA BOEDAJA
Total View This Week0
Institusion
Institut Seni Indonesia Surakarta
Author
Fitriani, Aprilina Eka
Subject
Tari 
Datestamp
2016-09-28 05:53:03 
Abstract :
NYANTRIK: SISTEM PEMBELAJARAN WAYANG BOCAH DI PADEPOKAN TJIPTA BOEDAJA , (Aprilina Eka Fitriani, 2013, 112 halaman). Skripsi Program Studi S -1, Jurusan Seni Tari, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Surakarta. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sistem pembelajaran Wayang Bocah di Padepokan Tjipta Boedaja yang peneliti sebut dengan nyantrik . Wayang Bocah merupakan salah satu dari jenis Wayang Orang yang dimainkan oleh anak - anak antara usia 3 -15 tahun. Alasan peneliti tertarik melakukan penelitian ini antara lain antusias anak -anak untuk belajar kesenian terutama kesenian Wayang Orang melalui Wayang Bocah dan sistem pembelajaran pada Wayang Bocah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data diperoleh melalui studi pustaka, observasi lapangan, dan wawancara. Peneliti mencari data dengan melakukan pendekatan sosial. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dimana peneliti menjabarkan fenomena- fenomena fakta yang terjadi di lingkungan Padepokan Tjipta Boedaja. Data yang diperoleh diolah dengan meminjam istilah nyantrik untuk mengupas sistem pembelajaran yang ada di Padepokan Tjipta Boedaja. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah mengetahui bahwa sistem pembelajaran ? nyantrik? di Padepokan Tjipta Boedaja berbeda dengan nyantrik secara umum yang telah menyebar ke masyarakat. Selain itu, dengan dilakukannya penelitian ini membuka wawasan peneliti bahwa di dalam sebuah kesenian Wayang Orang terdapat nilai -nilai luhur yaitu dapat menghaluskan budi, mengajari tentang etika pendewasaan diri, serta ajaran -ajaran tentang k ehidupan. Kata kunci: sistem pembelajaran, nyantrik, dan Wayang Bocah 
Institution Info

Institut Seni Indonesia Surakarta