Abstract :
Skripsi dengan judul ?Tari Srimpi Lobong, Pemadatan Oleh Rusini ?
merupakan
skripsi yang memfokuskan
kajiannya ada pada
persoalan pemadatan
tari.
Penelitian
ini
pada
dasarnya
bertujuan
untuk mengungkap
bagaimana
pemadatan terbentuk dan bagaimanakah proses pemadatan yang dilakukan Rusini,
salah satu dosen tari putri ISI Surakarta
.
Penelitian
ini
adalah
penelitian
kualitatif, data diperoleh
melalui metode
wawancara
disertai dengan studi
pustaka
terhadap
sumber
pustaka yang terkait
langsung
terhadap
tema
kajian.
Hasil
pengolahan data selanjutnya
dipaparkan
secara
deskriptif. Sedangkan metode a
nalis
is
dilakukan dengan jalan mengurai
terlebih dahulu data kemudian mengklasifikasikannya, kemu
dian menganalisisnya
dengan mendasarkan pada landasan teoritis yang digunakan.
Persoalan mengenai
pemadatan tari dipengaruhi oleh tiga faktor.
Pertama
, faktor ide. Ide ini dipengaruhi oleh dua hal yakni sikap sosial dan
kondisi lingkungan. Kedua hal
tersebut merupakan prinsip dasar yang
memberikan pengaruh terhadap diri seseorang ketika hendak mengembangkan
potensi kreativitasnya.
Kedua
, faktor apresiasi. Apresiasi merupakan tindakan
penghayatan, merasakan dan mencermati tari tradisi lain yang pada ak
hirnya
memunculkan penilaian. Penilaian selanjutnya menghasilkan pengertian yang
mendalam terhadap karya tari yang diapresiasi.
Ketiga
adalah faktor penentuan
konsep, proses pengolahan konsep dan proses pemadatan tari serta cara penyajian
karya.
Sedangka
n hasil dari pemadatan tari Srimpi Lobong Keraton yang
dilakukan oleh Rusini
termanifestasikan dalam bentuk tari tradisi ?Tari Srimpi
Lobong?
. Struktur dan bentuk dari karya tersebut
meliputi,
maju beksan, beksan
merong, beksan inggah, beksan ladrang (beks
an perang) dan mundur beksan
.
Berpijak pada pembahasan tersebut, dalam penelitian ini bisa ditarik kesimpulan
bahwa melalui pemadatan tari, pada gilirannya mampu menjadi faktor penting
dalam memacu lahirnya tari yang tumbuh dari lingkungan Keraton maupun
masyarakat yang lebih luas termasuk lembaga pendidikan kesenian (ISI
Surakarta). Melalui kajian ini dapat memberikan masukan bagi seluruh penikmat
seni yang ada di Kota Solo Khususnya untuk dapat meningkatkan kemampuan
kreativitasnya agar eksistensi tari tr
adisi terutama tari Srimpi dapat tetap kokoh,
kuat sehingga keberadaanya dapat berdampingan dengan karya tari tradisi yang
mendunia.
Kata Kunci: Kreativitas,Pemadatan,Revitalisasi.