DETAIL DOCUMENT
TARI SRIMPI LOBONG PEMADATAN OLEH RUSINI
Total View This Week0
Institusion
Institut Seni Indonesia Surakarta
Author
Lakshmitoningrum, Galuh
Subject
Tari 
Datestamp
2016-09-28 05:50:21 
Abstract :
Skripsi dengan judul ?Tari Srimpi Lobong, Pemadatan Oleh Rusini ? merupakan skripsi yang memfokuskan kajiannya ada pada persoalan pemadatan tari. Penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk mengungkap bagaimana pemadatan terbentuk dan bagaimanakah proses pemadatan yang dilakukan Rusini, salah satu dosen tari putri ISI Surakarta . Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, data diperoleh melalui metode wawancara disertai dengan studi pustaka terhadap sumber pustaka yang terkait langsung terhadap tema kajian. Hasil pengolahan data selanjutnya dipaparkan secara deskriptif. Sedangkan metode a nalis is dilakukan dengan jalan mengurai terlebih dahulu data kemudian mengklasifikasikannya, kemu dian menganalisisnya dengan mendasarkan pada landasan teoritis yang digunakan. Persoalan mengenai pemadatan tari dipengaruhi oleh tiga faktor. Pertama , faktor ide. Ide ini dipengaruhi oleh dua hal yakni sikap sosial dan kondisi lingkungan. Kedua hal tersebut merupakan prinsip dasar yang memberikan pengaruh terhadap diri seseorang ketika hendak mengembangkan potensi kreativitasnya. Kedua , faktor apresiasi. Apresiasi merupakan tindakan penghayatan, merasakan dan mencermati tari tradisi lain yang pada ak hirnya memunculkan penilaian. Penilaian selanjutnya menghasilkan pengertian yang mendalam terhadap karya tari yang diapresiasi. Ketiga adalah faktor penentuan konsep, proses pengolahan konsep dan proses pemadatan tari serta cara penyajian karya. Sedangka n hasil dari pemadatan tari Srimpi Lobong Keraton yang dilakukan oleh Rusini termanifestasikan dalam bentuk tari tradisi ?Tari Srimpi Lobong? . Struktur dan bentuk dari karya tersebut meliputi, maju beksan, beksan merong, beksan inggah, beksan ladrang (beks an perang) dan mundur beksan . Berpijak pada pembahasan tersebut, dalam penelitian ini bisa ditarik kesimpulan bahwa melalui pemadatan tari, pada gilirannya mampu menjadi faktor penting dalam memacu lahirnya tari yang tumbuh dari lingkungan Keraton maupun masyarakat yang lebih luas termasuk lembaga pendidikan kesenian (ISI Surakarta). Melalui kajian ini dapat memberikan masukan bagi seluruh penikmat seni yang ada di Kota Solo Khususnya untuk dapat meningkatkan kemampuan kreativitasnya agar eksistensi tari tr adisi terutama tari Srimpi dapat tetap kokoh, kuat sehingga keberadaanya dapat berdampingan dengan karya tari tradisi yang mendunia. Kata Kunci: Kreativitas,Pemadatan,Revitalisasi. 
Institution Info

Institut Seni Indonesia Surakarta