Abstract :
Kendaraan listrik terus berkembang pesat dengan adanya kompetisi untuk membuat
kendaraan listrik yang layak dalam pasar industri otomotif. Kompetisi tingkat
Internasional adalah Formula Society of Automotive Engineering (FSAE). FSAE
merupakan kompetisi mahasiswa yang berasal dari tim-tim seluruh dunia.
Dilakukan perancangan komponen utama kendaraan FSAE yaitu rangka. Rangka
yang dirancang untuk hasil optimal diperlukan analisis melalui perangkat lunak
melalui simulasi Finite Element Analysis (FEA). Hasil desain rangka yang telah
dirancang dapat memenuhi regulasi FSAE yang disyaratkan. Perancangan rangka
dinyatakan aman dalam menerima beban vertikal, beban torsional, dan beban dari
persyaratan struktural Main Roll Hoop, Front roll hoop, Side impact, dan Front
bulkhead. Maksimal tegangan paling besar dari seluruh simulasi senilai 199.4
N/mm2. Kekakuan torsional adalah 7452.348 Nm/degree sudah memenuhi batas
minimal yang ditetapkan oleh seluruh tim desain senior FSAE tahun 2017. Faktor
keamanan terkecil material AISI 4130 dari hasil seluruh simulasi senilai 2.08.
Faktor keamanan terkecil dari hasil simulasi pada material ASTM A36 senilai
1.254. Sehingga perancangan rangka kendaraan listrik FSAE-ITK lebih aman
menggunakan material AISI 4130.