Abstract :
Berdasarkan Kajian Potensi Parkir di setiap kegiatan atau usaha di Balikpapan
oleh Dinas Perhubungan Kota Balikpapan (2016), menjelaskan bahwa sebagian
besar lokasi parkir dari enam kecamatan di Balikpapan merupakan parkir yang
berada di badan jalan (on street parking). Tipe parkir tersebut dapat menyebabkan
berkurangnya kapasitas ruas jalan yang mengakibatkan terganggunya akses jalan
karena kendaraan bermotor yang berhenti dan parkir di badan jalan. Jika dibiarkan,
dapat menyebabkan peningkatan volume kendaraan yang berujung pada
kemacetan, sehingga perlu adanya pertimbangan akan kebutuhan tempat pelayanan
umum dalam mengatasi kemacetan lalu lintas di jalan berupa lahan parkir.
Dengan tingkat jumlah kendaraan yang besar, Kota Balikpapan
membutuhkan lahan parkir sebagai fasilitas umum untuk mengatasi permasalahan
lalu lintasnya. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kantong parkir yang
berpotensi menjadi lahan parkir di luar badan jalan (off street parking) di Kota
Balikpapan. Dari delapan belas kelurahan yang ada dalam RTRW Kota Balikpapan,
terdapat dua kelurahan yang berpotensi menjadi lokasi off street parking yaitu
Kelurahan Klandasan Ilir dan Kelurahan Damai. Dalam pengumpulan data untuk
menganalisis kantong parkir di dua kelurahan tersebut digunakan metode survei
observasi parkir dengan menggunakan teknik survei patrol parkir (survei durasi
parkir) untuk menghitung lamanya parkir sebuah kendaraan selama berada di badan
jalan. Dalam survei kebutuhan parkir dapat diperoleh informasi mengenai
karakteristik-karakteristik seperti kebutuhan parkir, volume parkir, durasi parkir,
akumulasi parkir, dan indeks parkir.
Untuk menentukan tipe lahan parkir yang tepat, dilakukan analisis terhadap
kebutuhan dan karakteristik kantong parkir berdasarkan RTRW Kota Balikpapan
sehingga dapat digunakan untuk pemilihan lokasi kantong parkir sebagai off street
parking dan alternatif desain off street parking dalam mengurangi volume
kendaraan yang parkir di badan jalan. Dari pengerjaan tugas akhir menghasilkan
karakteristik parkir pada ruas Jalan Jendral Sudirman Kelurahan Klandasan Ilir
dengan besar akumulasi maksimum sebanyak 92 kendaraan untuk motor dan 66
kendaraan untuk mobil. Durasi parkir kendaraan yang menggunakan parkir di
xii
badan jalan adalahh 0-1,5 jam untuk kendaraan motor dan 0-2 jam untuk kendaraan
mobil. Tingkat pergantian parkir harian sebesar 0,44 petak/jam dimana setiap satu
petak parkir kendaraan bermotor dapat melayani 0,44 kendaraan. Indeks parkir
menunjukkan bahwa lokasi kantong parkir yang berada di Jalan Jendral Sudirman
dikatakan layak karena dapat memenuhi jumlah kebutuhan parkir. Tipe lahan parkir
yang di gunakan adalah jenis gedung parkir yang dapat menampung kebutuhan
parkir sebesar 32 SRP untuk mobil dan 20 SRP untuk motor.