DETAIL DOCUMENT
ANALISA PERBANDINGAN HAMBATAN KAPAL KATAMARAN FLAT SIDE OUTSIDE DENGAN VARIASI JENIS LAMBUNG ROUND (U), SHAPE HULL (V) DAN HARDCHINE MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Kalimantan
Author
Fadlian, Muhammad
Subject
QC Physics 
Datestamp
2021-09-07 03:21:31 
Abstract :
Penelitian melakukan Analisa hambatan total pada variasi jenis lambung Shape (V), Hardchine, dan Round (U) untuk mendapatkan perbedaan hambatan yang terjadi di masing-masing variasi jenis lambung. Perbandingan variasi jenis lambung Shape (V), Hardchine dan Round (U) pada katamaran flat side outside dengan acuan displacement tetap dan jarak demihull yang sama, sangat mempengaruhi adanya perbedaan hambatan pada masing-masing variasi jenis lambung. Analisa hambatan menggunakan metode Computatuional Fluid Dynamics (CFD) dengan kondisi Steady state dan tingkat batas convergence 10-4 simulasi dilakukan dengan variasi kecepatan jenis lambung Shape (V), Hardchine dan Round (U) Fr = 0.29, 0.34, 0.39, 0.44, 0.49. Hasil menunjukkan bahwa selisih terbesar hambatan terjadi dari ketiga variasi jenis lambung terjadi pada Froude number 0.39. Yang menampilkan hasil hambatan pada jenis lambung Hardchine sebesar 189.80 kN, lebih kecil dibandingkan dengan hambatan pada jenis lambung Shape (V) sebesar 260.01 kN dan Round (U) sebesar 226.67 kN. Perbedaan hambatan juga dapat dilihat pada kontur CFD yang menampilkan kecepatan aliran diantara kedua lambung katamaran, terlihat untuk katamaran flat side outside variasi jenis lambung Hardchine relative lebih kecil dibandingkan dengan jenis lambung Shape (V) dan Round (U). dari hasil simulasi didapat kesimpulan bahwa katamaran flat side outside variasi jenis lambung Hardchine memiliki nilai hambatan lebih rendah dibanding katamaran flat side outside variasi jenis lambung Shape (V) dan Round (U). 
Institution Info

Institut Teknologi Kalimantan