DETAIL DOCUMENT
Evaluasi UI/UX Aplikasi Sosial Media Sestyc berbasis Android dengan Metode Think Aloud dan Heuristic
Total View This Week1
Institusion
Institut Teknologi Kalimantan
Author
Maulana, Wira
Subject
AI Indexes (General) 
Datestamp
2021-08-02 13:31:16 
Abstract :
Sestyc merupakan aplikasi sosial media yang dirilis pada tahun 2019. Pada aplikasi ini disediakan banyak fitur yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan pengguna lain. Melalui observasi yang dilakukan pada ulasan pengguna di Google Playstore dan eksplorasi yang dilakukan pada aplikasi diketahui terdapat beberapa permasalahan yang menunjukkan aplikasi belum memenuhi parameter Usability error dan satisfaction. Maka diperlukan evaluasi UI/UX pada aplikasi Sestyc untuk menemukan lebih jauh permasalahan terkait Usability menggunakan metode Think Aloud dan Heuristic, kedua metode ini digunakan agar diperoleh hasil evaluasi yang yang lebih akurat serta memastikan tidak terdapat permasalahan yang terlewat oleh penggunaan salah satu metode. Pada metode Think Aloud dilakukan pengerjaan task skenario, sedangkan pada metode Heuristic dilakukan pengisian kuesioner oleh responden. Hasil dari metode Think Aloud didapatkan task skenario dengan jumlah kegagalan responden paling banyak dalam mencapai tujuan yaitu task menggunakan fitur obrolan anonim (T9), dan didapatkan variasi respon feedback positif dan negatif paling banyak yaitu task melakukan unggah postingan (T2). Hasil dari metode Think Aloud dan Heuristic adalah ditemukan 48 total permasalahan dengan 30 jenis masalah menggunakan metode Think Aloud, dan ditemukan 60 total permasalahan dengan 31 jenis masalah menggunakan metode Heuristic. Hasil dari penggabungan permasalahan Think Aloud dan Heuristic adalah 40 jenis permasalahan dengan 21 jenis permasalahan yang sama ditemukan pada kedua metode, yang kemudian ditentukan prioritas perbaikan berdasarkan urutan nilai rata-rata severity rating paling besar (Nilai SR), banyak responden yang menemukan permasalahan, banyak metode yang digunakan untuk menemukan permasalahan, dan permasalahan yang paling mendesak untuk diperbaiki. Rekomendasi perbaikan diberikan berdasarkan aplikasi pembanding, saran perbaikan dari responden, referensi rekomendasi perbaikan pada penelitian terdahulu, dan dengan diabaikan nilai skala severity rating 1 sehingga diberikan sebanyak 35 rekomendasi perbaikan, dengan 23 rekomendasi pada kategori perbaikan UI dan 12 rekomendasi pada kategori perbaikan UX. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memenuhi tujuan dan manfaat dari penelitian. 
Institution Info

Institut Teknologi Kalimantan