DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PEMASARAN PADA INDUSTRI UMKM MIE KOTA BALIKPAPAN MENGGUNAKAN METODE STRENGFTH, WEAKNESS, OPPURTUNITY, THREAT (SWOT) DAN ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP)
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Kalimantan
Author
Ramdani, Muhamad
Subject
HD28 Management. Industrial Management 
Datestamp
2023-07-13 02:43:44 
Abstract :
Pada indsutri UMKM mie Kota Balikpapan dalam melakukan pemasaran produk masih dilakukan dengan cara tradisional door to door ke para penjual kuliner, pengetauhan mengenai pemasaran secara online masih sangat kurang, sulitnya menemukan tempat produksi mie karena tidak adanya plang nama, dan produksi mie masih dalam sekala kecil dikarenakan pembuatan mie menggunakan mesin standar rumahan sehingga, pemasaran hanya dapat melayani pengiriman di dalam area Kota Balikpapan. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk strategi pemasaran berdasarkan anailisis pemasaran menggunakan strength, weakness, oppurtunity, threat (SWOT) dan melakukan penentuan strategi pemasaran optimal menggunakan metode Analytic Network Process (ANP) dengan software Super Decision V 3. 2. Terdapat 14 variebel yang digunakan dalam penelitian tugas akhir ini yaitu budaya organisasi, fungsi produksi, value chain, fungsi manajemen, SIM, research & development, fungsi pemasaran, pembeli, pemasok, environtment, produk pengganti, pesaing industri, dan pendatang baru Adapun hasil dari penelitian ini didapatkan 3 strategi pemasaran optimal dari 7 stratetegi pemasaran yang ada yaitu: menjalin kerjasama dengan minimarket (0.18710), mengiktui pelatihan kewirausahaan (0.16442), meningkatkan promosi (0.16279). 
Institution Info

Institut Teknologi Kalimantan