Abstract :
Di era globalisasi saat ini, perusahaan besar maupun kecil harus mengembangkan strategi guna meningkatkan branding bisnis ke masyarakat umum. Salah satu bentuk media branding yang paling umum adalah menggunakan situs web. Berdasarkan hasil identifikasi masalah terdapat beberapa permasalahan UI/UX pada website PT Media Kreasi Abadi, antara lain tampilan kurang menarik, font yang berantakan dan tumpang tindih serta layout yang berantakan. Tujuan dari penelitian ini ialah melakukan perancangan ulang terhadap website PT Media Kreasi Abadi untuk memperbaiki tampilan UI/UX pada website agar lebih informatif, menarik, dan mudah untuk digunakan. Solusi yang dapat dilakukan yaitu perancangan ulang UI/UX website PT Media Kreasi dengan menggunakan metode design thinking karena metode ini mengutamakan kebutuhan pengguna dan memberikan solusi atas permasalahan yang mereka hadapi. Metode ini memiliki lima fase: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Metode ini banyak digunakan untuk meningkatkan UX dan UI sistem. Berdasarkan observasi dan wawancara yang didapatkan yaitu kategori permasahan website saat ini ditemukan ada 3 kategori yaitu konten, navigasi dan fitur. Kemudian untuk hasil solusi desain atau mockup yang dihasilkan sebanyak 5 halaman yaitu halaman beranda, layanan, portofolio, program dan tentang kami. Pengujian dilakukan dengan menggunakan usability metric yaitu SEQ (Single Ease Question). Berdasarkan teori SEQ, jika hasil yang diberikan responden di angka lebih dari sama dengan 5,5 maka Task atau skenario tersebut termasuk dinyatakan berhasil atau mudah untuk dikerjakan. Sehingga, dapat disimpulkan ke-5 Task tersebut dari segi kemudahan termasuk mudah dikerjakan oleh ke-5 responden.