Abstract :
Kemkominfo mengungkapkan selama pandemi bahwa pertumbuhan E-Commerce di Indonesia meningkat secara pesat dengan kisaran angka sebesar 91%. Semua kegiatan manusia sekarang juga telah dilakukan secara digital, hal ini juga dipengaruhi dengan keadaan dunia yang menghadapi pandemi COVID-19 sehingga semua orang terpaksa untuk mengurangi kontak fisik secara langsung. PT. Tunggang Parangan ingin membuat sebuah platform yang dapat dijadikan sebuah pasar online lokal sehingga dapat mengembangkan dan memberikan kesempatan kepada pelaku bisnis UMKM dan BUMDES di Kutai Kartanegara. Website berbasis CMS Wordpress ini dibangun berdasarkan studi Competitive Audit yang merupakan analisis Strength, Weakness, Oppoturnity dan Threat dimana dapat membantu memvisualisasikan peluang dan kelebihan apa saja yang bisa diambil dari sebuah perusahaan/bisnis/produk. Pada penelitian ini dalam pengembangan sistemnya mengadaptasi pada metode pengembangan Personal Extreme Programming. Metode ini memiliki tahapan analisis kebutuhan dengan analisis competitive audit dan wawancara pada pihak stake holder sehingga terbentuklah 35 user story sebagai fitur yang dibuat. Berdasarkan user story tersebut dibuat use case diagram. Selanjutnya ditentukan pengelompokan iterasi sebanyak 4 iterasi dengan total story point 144 serta jadwal pengembangan. Selanjutnya inisialisasi iterasi yang merupakan pelaksanaan sprint. Sprint ini dilakukan pembuatan desain Entity Relationship Diagram, kemudian tahap implementasi menggunakan Wordpress, lalu system testing pengujian fungsional sistem dengan metode black box testing, lalu tahap retrospektif yaitu kesimpulan terhadap sistem yang telah dikerjakan. Setelah diselesaikan 4 iterasi tersebut dilakukan peluncuran menggunakan hosting dan domain dan website dapat diakses pada alamat http://tunggang-parangan.online/. Pada tahap terakhir dilaksanakan uji coba dan pelatihan pengguna bersama pihak stake holder dan penjual yang telah dipilih.