DETAIL DOCUMENT
Pemetaan Strategi Untuk Meningkatkan Layanan Docking Menggunakan Metode Balanced Scorecard
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Kalimantan
Author
Sinaga, Angelia Grace Morawati
Subject
V Naval Science (General) 
Datestamp
2023-07-24 02:41:05 
Abstract :
Dalam Kejelasan dari prosedur dan kecepatan pelayanan sangat mempengaruhi durasi total dari waktu kapal berhenti beroperasi, owner kapal selalu berusaha mendapatkan waktu operasi semaksimal mungkin. Oleh karena itu galangan kapal harus mendukung dengan pelayanan Docking yang tepat waktu. Balanced Scorecard adalah kerangka kerja untuk menerapkan dan mengelola strategi dengan mengidentifikasi faktor pada proyek untuk mendorong tujuan berdasarkan 4 perspektif yaitu finasial, customer, internal process dan Organisational Capacity. Maka dengan melihat permasalahan tersebut, perlulah dilakukannya sejumlah proses pengidentifikasian yang tepat terhadap persiapan yang terjadi selama proses Docking berlangsung. Penelitian ini dilakukan untuk pemetaan strategi dalam rangka meningkatkan layanan Docking dengan mengidentifikasi sejumlah faktor internal dan eksternal yang menghambat beberapa alur prosedur pada saat persiapan Docking. Dengan melihat adanya peluang pada saat pengelompokkan faktor internal dan eksternal yang dikelompokkan untuk melihat rating terkuat dan terlemah, sehingga melalui matriks SWOT dianalisa untuk melihat dan mendapatkan strategi yang tepat yaitu product development, market penetration, backward integration dan forward integration. Setelah mendapatkan strategi yang telah dirumuskan melalui matriks SWOT maka didapatkanlah pemetaan strategi melalui Metode Balanced Scoreacrd dengan melihat visi, misi, strategi result, strategi prioritas dan 4 perspektif dalam metode Balanced Scorecard. Manfaat dari penelitian ini adalah mendapatkan strategi yang diharapkan dapat mengurangi durasi waktu tunggu pada saat persiapan Docking dan menawarkan jasa baru untuk memangkas waktu tunggu perbaikan menjadi lebih cepat. Pemetaan Strategi bisa digunakan untuk melihat ketersediaan dari suatu customer. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah strategi yang bisa digunakan yaitu market penetration, product development, backward integration dan forward integration yang telah dipetakan pada peta strategi Balanced Scorecard. 
Institution Info

Institut Teknologi Kalimantan