DETAIL DOCUMENT
Efektivitas Pencegahan Laju Korosi Pada Baja Karbon ASTM A106 Dengan Metode Chatodic Protection, Galvanis Electroplating, dan ITK Marine Paint
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Kalimantan
Author
Dori, Anggraeni Alfiani
Subject
TC Hydraulic engineering. Ocean engineering 
Datestamp
2023-07-21 07:33:52 
Abstract :
Korosi pipa penyaluran minyak dan gas adalah salah satu masalah sangat umum yang sering terjadi dan berdampak besar pada industri. Korosi yang terjadi pada pipa dapat menyebabkan kebocoran dan berdampak pada perusahan-perusahan terkait, seperti berkurangnya jumlah produksi, biaya produksi yang meningkat, pencemaran lingkungan, dan lain-lain nya. Proses korosi juga dapat dipengaruhi oleh reaksi kimia dan juga faktor lingkungan (lingkungan yang asam, embun, air tawar, dan air laut). Metode pengujian laju korosi yang digunakan oleh penulis yaitu menggunakan metode weight loss dan elektrokimia yang dilakukan di laboratorium dengan material yang digunakan yaitu baja karbon ASTM A106. Penelitian ini menggunakan standar ASTM G31-72 dan ASTM G102 untuk menguji metode weight loss dan elektrokimia selama 15 hari (360 jam) dan 30 hari (720 jam), laju korosi tertinggi jika dilihat dari ketiga metode ini yaitu terdapat pada metode Galvanis Electroplating dan laju korosi terendah terdapat pada metode ITK Marine Paint. Berdasarkan pada penelitian yang dilakukan, laju korosi setiap spesimen berdasarkan dengan kategori ketahanan korosi relatif pada pengujian dengan metode weight loss, kategori untuk spesimen dengan laju korosi tertinggi yaitu spesimen Chatodic Protection masuk kedalam kategori yang poor, dan untuk spesimen dengan laju korosi terendah yaitu spesimen ITK Marine Paint masuk kedalam kategori yang fair. Sedangkan, berdasarkan dengan kategori ketahanan korosi relatif pada pengujian dengan menggunakan metode elektrokimia, kategori untuk spesimen dengan laju korosi tertinggi yaitu spesimen Chatodic Protection masuk kedalam kategori yang fair, dan untuk spesimen dengan laju korosi terendah yaitu spesimen ITK Marine Paint masuk kedalam kategori yang outstanding. Dari hasil yang diperoleh, bahwa metode pencegahan laju korosi pada baja karbon ASTM A106 dengan menggunakan ITK Marine Paint lebih efektif. 
Institution Info

Institut Teknologi Kalimantan