Abstract :
Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya jumlah mahasiswa yang ada di ITK berpotensi pada tingginya pergerakan penggunaan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor. Padatnya pengguna transportasi pribadi berdampak pada kurangnya lahan parkir yang tersedia sehingga menyebabkan banyak mahasiswa tidak mendapatkan tempat parkir dan mengharuskan untuk parkir di Gedung yang jauh dengan Gedung tujuan. Selain itu, padatnya transportasi pribadi juga menimbulkan emisi gas kendaraan yang merupakan salah satu contoh Institut Teknologi Kalimantan belum menerapkan konsep Green Campus. Dalam permasalahan tersebut terdapat upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan bike sharing. Pada penelitian sebelumnya telah dilakukan analisis potensi penerapan bike sharing dan analisis kemauan dan kemampuan membayar di kampus Institut Teknologi Kalimantan. Selanjutnya dilakukan studi pengembangan dari penelitian terdahulu dengan merencanakan desain dan fasilitas jalur bike sharing di Kawasan Institut Teknologi Kalimantan. Adapun metode yang digunakan dalam perencanaan adalah dengan melakukan perhitungan matriks asal tujuan hasil yang diperoleh adalah banyaknya pergerakan mahasiswa di setiap Gedung perkuliahan. Sehingga diperoleh rute lintasan sepeda dari jalan masuk ITK KM 15 hingga ke Gedung-gedung tujuan. Lebar jalur sepeda yang direncanakan adalah 1.2 m dan fasilitas parkir tipe rak dengan penutup atap berlokasi di Gedung E,F,G dan Laboratorium Terpadu