DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEKUATAN PENGELASAN TOWING BRACKET BARGE 300 FT PADA PROSES DOCKING
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Kalimantan
Author
Sinaga, Julikardo
Subject
V Naval Science (General) 
Datestamp
2023-07-24 06:20:18 
Abstract :
Studi dalam tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui deformasi dan tegangan pada padeye akibat ketebalan pengelasan dengan kondisi variasi ketebalan las. Jenis towing bracket/padeye yang digunakan yaitu tipe asimetris dan Ukuran Towing Bracket/ padeye yang digunakan diambil dari data studi lapangan yaitu setebal 6 cm, Panjang 45 cm dan tinggi 25 cm dan Ketebalan las yang digunakan yaitu Full, ½, dan ¾ pada sisi yang berbeda. Dengan memvariasikan ketebalan las towing bracket/padeye menggunakan software ansys, sedangkan untuk perhitungan tegangan dan deformasi pada pengelasan towing yang akan digunakan menggunkan metode element hingga berdasarakan perhitungan tegangan yang dilakukan sebelumnya. Dengan menggunakan variasi full, ½, ¾, fulldan ¾, full dan ½, ¾ dan ½ . Didapatkan respon struktur nilai tegangan normal maksimum terkecil terjadi pada ketebalan full, dengan nilai sumbu X sebesar 189.840 Mpa, sumbu Y sebesar 133.370 Mpa, sumbu Z sebesar 119.260 Mpa. Nilai tegangan geser maksimum terbesar terjadi pada ketebalan ½ , dengan nilai sumbu XY sebesar 138.120 Mpa, sumbu YZ sebesar 94.982 Mpa, sumbu ZX sebesar 49.992 Mpa. Tegangan von misses maksimum terbesar terjadi pada ketebalan ½ , dengan nilai 223.53 dan tegangan von mises maksimum terkecil terjadi pada ketebalan full dengan nilai 226.390 Mpa. Nilai deformasi maksimum terbesar terjadi pada variasi ½ , Dengan nilai sumbu X sebesar 0.8649 mm, sumbu Y sebesar 0.7694 mm, sumbu Z sebesar 0.0318 mm. Dan deformasi maksimum terkecil terjadi pada variasi full, dengan nilai sumbu X sebesar sebesar 0.8649 mm, sumbu Y sebesar 0.7694 mm, sumbu Z sebesar 0.0318 mm. 
Institution Info

Institut Teknologi Kalimantan