Abstract :
ANALISIS KEBOCORAN PIPA AIR LAUT PADA SISTEM PENDINGIN KAPAL TB ANTASENA
Nama Mahasiswa : Galih Kurniadi
NIM : 09181023
Dosen Pembimbing Utama : Taufik Hidayat, S.T., M.T., MRINA
Dosen Pembimbing Pendamping : Rodlian Jamal Ikhwani S.T., M.T
ABSTRAK
Setiap mesin yang beroperasi memiliki suhu kerja tertentu. Suhu kerja tersebut selalu dipertahankan untuk dapat beroperasi dengan normal. Sistem yang mempertahankan suhu kerja mesin disebut system pendingin. Sistem pendingin mesin didesain khusus untuk dapat mendukung kinerja mesin. Secara umum, terdapat bermacam-macam jenis dari sistem pendingin mesin, mulai dari pendinginan menggunakan udara, oli, air, dan sebagainya. Sistem permesinan kapal dirancang untuk bekerja dengan efisiensi maksimum dan mampu beroperasi selama berjam-jam. Sehingga, mesin utama (main engine) kapal, umumnya didinginkan dengan dua circuit. Keberadaan sistem pendingin mesin sangatlah penting. Sistem pendingin mesin terdiri dari beberapa bagian, mulai dari: pipa, pompa, katup, dan lain lain. Pada pipa system pendingin, bagian yang sering mengalami kebocoran adalah pipa dari HT circuit. Hal ini disebabkan sifat korosif dari air laut Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui penyebab-penyebab dari kebocoran pipa air laut pada sistem pendingin berikut cara-cara yang diperlukan untuk mencegah terjadinya kebocoran tersebut. Metode yang akan digunakan untuk mendapatkan penyebab-penyebab dari kebocoran tersebut adalah FTA (Fault Tree Analysis). Sebagai tambahan, dalam Tugas Akhir ini juga hendak dibahas tentang akibat dari kebocoran pipa air laut itu terhadap sistem pendingin.
Kata kunci : Sistem perpipaan pendingin, pipa pendingin, fault tree analysis, mesin utama.