Institusion
Institut Teknologi Kalimantan
Author
Karyoto, Evano Valdi Ananda
Subject
HA Statistics
Datestamp
2023-12-21 06:44:41
Abstract :
Gojek merupakan salah satu pelopor jasa aplikasi transportasi online yang masih eksis di Indonesia hingga hari ini dengan banyaknya layanan yang ditawarkan. Kota Balikpapan adalah salah satu kota dengan aktivitas pengguna aplikasi Gojek tertinggi di wilayah Indonesia Timur berdasarkan data dari Gojek pada tahun 2019. Kota Balikpapan merupakan kota besar dan berkembang dengan 703.611 jiwa yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Kendati demikian, Gojek pernah mengalami penurunan jumlah pengguna dan mitra driver akibat kenaikan harga BBM, dan faktor keluhan pada aplikasi Gojek itu sendiri. Salah satu cara untuk menangani penurunan tersebut yaitu dengan memberikan layanan yang terbaik berdasarkan perilaku pengguna dalam menggunakan aplikasi Gojek, hal ini dapat dilakukan dengan sebuah evaluasi penerimaan aplikasi Gojek dari segi perilaku penggunanya dengan menggunakan metode UTAUT2. UTAUT2 merupakan metode untuk mengetahui bagaimana suatu teknologi diterima dan digunakan. Dari 9 variabel yang terdapat pada UTAUT2, variabel behavioral intention dan use behavior adalah variabel yang dapat membantu mengetahui dan menggambarkan niat dari seorang pengguna dan frekuensi mereka dalam menggunakan suatu aplikasi. Penelitian kuantitatif ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh behavioral intention terhadap use behavior pada penggunaan aplikasi Gojek di Kota Balikpapan, menggunakan metode PLS-SEM pada perangkat lunak WarpPLS dengan 139 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa 3 dari 10 hipotesis diterima dan 7 sisanya ditolak. Variabel performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, hedonic motivation dan price value berpengaruh positif tidak signifikan terhadap behavioral intention, serta facilitating conditions berpengaruh positif tidak signifikan terhadap use behavior. Variabel habit berpengaruh positif signifikan baik terhadap behavioral intention dan use behavior. Untuk menjawab tujuan penelitian ini, variabel behavioral intention berpengaruh positif signifikan terhadap use behavior. Berdasarkan hasil analisa, diberikan 4 rekomendasi yang diharapkan mampu meningkatkan intensi dan frekuensi pengguna dalam menggunakan aplikasi Gojek di Kota Balikpapan.