DETAIL DOCUMENT
Strategi Pengembangan Sektor Pariwisata Melalui Potensi Unggulan Guna Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Balikpapn
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Kalimantan
Author
Priandini, Difa Oktavia
Subject
AI Indexes (General) 
Datestamp
2023-12-22 08:38:50 
Abstract :
Kota Balikpapan memiliki potensi yang melimpah di sektor pariwisata, yang dikategorikan menjadi tujuh jenis berbeda, yakni wisata bahari/pantai, wisata sejarah, wisata alam/hutan, wisata buatan, wisata kuliner, wisata belanja, dan wisata religi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pengembangan potensi unggulan sektor pariwisata guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Balikpapan. Metode analisis yang digunakan meliputi analisis deskriptif, analisis spasial persebaran objek wisata, analisis skoring, dan analisis SOAR (Strengths, Opportunities, Aspirations, Results). Hasil penelitian menunjukan terdapat 88 obyek wisata di Kota Balikpapan, terdapat 20 obyek wisata bahari, 17 obyek wisata alam, 7 obyek wisata kuliner, 15 obyek wisata religi, 7 obyek wisata belanja, 15 obyek wisata buatan dan 8 obyek wisata sejarah. Wisata belanja memiliki potensi sebagai sektor unggulan berdasarkan skoring tertinggi. Maka didapat empat alternatif strategi pengembangan untuk wisata belanja Kota Balikpapan yaitu, strategi SA (strength ? aspiration) berupa kolaborasi dengan pelaku usaha lokal, promosi keberagaman dan keunikan produk, sinergi dengan pelaku industri, dan dukungan finansial bagi UKM lokal. Strategis OA (Opportunities ? Aspiration), Promosi melalui festival wisata belanja, Bekerjasama dengan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan, Pelatihan dan wokrshop kewirausahaan, program pendidikan dan pelatihan tenaga kerja terkait wisata belanja, pemsaran digital dan media sosial, dan partisipasi komunitas lokal dan media. Strategi SR (Strength ? Result), Evaluasi pemasaran produk wisata belanja, bekerjasama dengan investor, Ekspansi Internasional melalui platform perdagangan dan memberikan insentif pelaku usaha produk iwsata belanja. Terakhir Strategis OR (Opportunities ? Result) peningkatan promosi dan pengalamn wisata belanja, penetapan target pendapatan dan evaluasi rutin dan Kerjasama dengan media, influencer dan duta wisata Kota Balikpapan. Melalui strategi ini, diharapkan Kota Balikpapan dapat mengoptimalkan potensi pariwisata dan berkontribusi secara signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). 
Institution Info

Institut Teknologi Kalimantan