Abstract :
PT. Food Machinery Corporation merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan produk pestisida di Kecamatan Babulu. Pada tahun 2021-2023, hasil penjualan mengalami penurunan pada setiap bulannya yang disebab
oleh faktor internal dan eksternal seperti pemasaran produk obat pertanian masih dilakukan dengan cara personal selling dan door to door ke para petani, banyaknya perusahaan pesaing dengan kegunaan produk yang sama,sehingga pemasaran pada penjualan Obat sulit dilakukan karena banyaknya pesaing yang ada. Kondisi ini dapat diatasi dengan cara membuat strategi pemasaran dengan metode strength, weaknesses, opportunity, threat (SWOT) untuk membantu dalam mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan suatu inisiatif dan metode Analytical hierarchy Proces (AHP) dengan software
Super Decision V 3.2 sebagai metode pengambilan keputusan dalam penggunaan strategi kedepannya sehingga strategi dapat dijadikan solusi untuk dapat menyelesaikan permasalahan tersebut dan dapat membantu perusahaan dalam
meningkatkan dan bersaing pada penjualan pestisida. Adapun hasil dari penelitian ini pada metode SWOT didapatkan pada matrik IE pada sel I grow and build dengan nilai IFE : 3.31 dan EFE : 3.32. Pemilihan strategi menggunakan AHP
didapatkan 3 strategi pemasaran optimal dari 8 strategi pemasaran yang ada yaitu: membangun hubungan yang baik pada pelanggan untuk mendapatkan kepercayaan konsumen (0.301), meningkatkan kegiatan perkenalan promosi produk dengan
pemanfaatan digitalisasi dan aplikasi yang ada (0.263), dan melakukan riset pasar dan kompetitif dengan aktif (0,107).