Institusion
Institut Teknologi Kalimantan
Author
Pamungkas, Ghandhur Sudana
Subject
TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Datestamp
2021-12-06 06:16:16
Abstract :
Proyek pembangunan Jalan Tol Balikpapan Samarinda merupakan proyekjalan tol pertama di Kalimantan yang menghubungkan Kota Balikpapan dan Kota
Samarinda sepanjang ±99,35 km dengan waktu tempuh ±1 jam perjalanan dengankondisi trase yang bervariasi dimana mayoritas kondisi tanahnya merupakan tanah
lempung lunak (soft clay). Untuk menyelesaikan masalah pada tanah lunaktersebut, maka dilakukan perencanaan pada salah satu lokasi tepatnya di STA 23+450 sampai dengan STA 23+525 dengan menggunakan Prefabricated Vertical
Drain (PVD) dan Prefabricated Horizontal Drain (PHD) sebagai metodepenanganan geoteknik. Kedalaman lapisan tanah yang mudah mampat (lapisan
compressible) diketahui dari data uji BH-2 sedalam 16.5 meter dengan tinggitimbunan awal (Hinisial real) sebesar 4.3 meter untuk mencapai tinggi timbunan
rencana (Hfinal real) dengan elevasi akhir +3.0 meter dari permukaan tanah dasar.Besar pemampatan (settlement) yang terjadi adalah sebesar 1.3 meter dengan
waktu yang dibutuhkan untuk mencapai derajat konsolidasi U=90% selama 22.18 tahun penanaman Prefabricated Vertical Drain (PVD) serta Prefabricated
Horizontal Drain (PHD) dengan memakai CeTeau-Drain CT-D822 untuk PVD yang dipasang arah aliran single drainage sedalam tebal lapisan compressible
yakni 16.5 meter dengan menggunakan pola segitiga berjarak 1.25 meter antar titik sebanyak 2,680 titik PVD dengan waktu pemampatan yang dibutuhkan selama 6 minggu atau setara dengan 1.5 bulan untuk mencapai target derajat konsolidasi U=90% dan CeTeau CT-SD100-30 untuk PHD dimana kapasitas pengaliran spesifikasi material PHD dapat menampung debit air horizontal yang
mengalir sebagaimana 1.60x10-5 m3/detik < 3.6 x 10-4 m3/detik.